Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK VS POLRI: Ini Perintah Jokowi ke Abraham Samad & Plt Kapolri

Presiden Joko Widodo (Joowi) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Polri) objektif dalam menjalankan tugasnya.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, BOGOR-- Presiden Joko Widodo (Joowi) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Polri) objektif dalam menjalankan tugasnya.

Jokowi mengatakan dirinya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, serta Jaksa Agung telah bertemu dengan Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Badrodin Haiti membahas persoalan di antara kedua institusi penegak hukum tersebut.

"Saya sampaikan, terutama kepada Ketua KPK dan Wakapolri.Sebagai Kepala Negara, saya meminta kedua institusi tersebut memastikan proses hukum yang ada harus objektif dan sesuai aturan yang ada," katanya di Istana Bogor, Jumat (23/1/2015).

Jokowi menuturkan KPK dan Polri juga harus menghilangkan gesekan yang terjadi saat menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum.

Presiden menemui Abraham Samad dan Komjen Pol Badrodin Haiti di sela-sela pertemuannya dengan bupati dari Sumatra, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan.

Seperti diketahui, hubungan KPK dengan Polri kembali memanas setelah Bareskrim Polri menahan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Penangkapan tersebut dilakukan terkait kasus dugaan pemberian keterangan palsu dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi pada 2010.

Sejumlah aktivis antikorupsi pun langsung bereaksi keras terhadap penangkapan tersebut, dan menganggapnya sebagai upaya kriminalisasi pimpinan KPK. Pasalnya, saat ini KPK sedang mengusut kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka. (Kabar24.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper