Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

16 Daerah di Indonesia Dilanda Banjir

Sebanyak sedikitnya 16 daerah di Indonesia terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (12/1) hingga Selasa (13/1).
Banjir di Cibitung Bekasi/Antara
Banjir di Cibitung Bekasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Sedikitnya 16 daerah di Indonesia terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (12/1/2015) hingga Selasa (13/1/2015).

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB yang diterima Bisnis, Selasa (13/1/2015), mengatakan bahwa sejak Senin (12/1/2015) hingga sekarang, Selasa (13/1) tercatat 16 kabupaten/kota terendam banjir.

Banjir terjadi di Kab. Malinau, Langkat, Kudus, Tegal, Demak, Rokan Hilir, Pandeglang, Semarang, Situbondo, Aceh Tamiang, Donggala, Labuan Batu Utara, Kota Tebing Tinggi, Kota Medan, Kupang, dan Jayapura. Meskipun banjir yang terjadi bukan banjir besar, namun telah menyebabkan ribuan rumah terendam banjir.

Sementara, banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara terjadi pada Selasa (13/1) pukul 01.00 Wib.

Menurutnya ini adalah banjir yang ketiga kali dalam dua minggu terakhir akibat hujan deras di bagian hulu di Kab. Simalungun sehingga Sungai Padang dan Sungai Bahilang meluap.

"Banjir merendam sekitar 700 rumah di Kec. Padang Hulu, Bajenis, Tebing Tinggi Kota, dan Rambutan. Tinggi banjir 20-150 cm. Warga mengungsi ke rumah tetangganya. BPBD Kota Tebing Tinggi telah melakukan evakuasi dan distribusi bantuan permakanan," ujarnya, Selasa (13/1/2015).

Di Demak, banjir merendam beberapa desa di Kec. Karangwetan dan Karangawen akibat jebolnya tanggul Sungai Cabean di Desa Rejosari Kec Karangawen. 257 rumah terendam banjir.

"Tidak ada pengungsian, warga tetap berada di rumahnya," ujarnya. Selain itu, ruas jalan Grobogan Purwodadi-Semarang terendam banjir 50 cm sehingga hanya dapat dilewati kendaraan besar.

Menurutnya saat ini sebagian banjir sudah surut. BPBD Kabupaten Demak telah melakukan penanganan. Masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan.

BMKG memperkirakan hujan tinggi hingga sangat tinggi pada Januari 2015 berpotensi di pantura Jawa Tengah, barat dan selatan Banten, Aceh, Sulsel, Gorontalo, Sultra, Papua dan Papua Barat.

Menurutnya hal tersebut sebenarnya sesuai dengan prakiraan sebelumnya bahwa banjir akan terus meningkat memasuki bulan Januari. Puncak hujan sebagian besar wilayah Indonesia adalah pada bulan Januari hingga Februari sehingga banjir dan longsor akan makin meningkat pula. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

2,5 Tahun Zaskia Adya Mecca Impikan Film "Hijab"

PROYEK LTR: Adhi Karya Segera Lakukan Kajian

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper