Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Besar Gaji Pilot di Indonesia

Pilot disebut-sebut sebagai salah satu profesi bergaji tinggi di Indonesia. Berapakah besaran gaji seorang pilot?
Pilot/abcnews.go.com
Pilot/abcnews.go.com

Kabar24.com, JAKARTA— Pilot disebut-sebut sebagai salah satu profesi bergaji tinggi di Indonesia. Berapakah besaran gaji seorang pilot?

Pilot merupakan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan khusus. Hal ini menjelaskan mengapa sekolah pilot sekarang banyak diminati, bahkan oleh kamum yang terbilang tidak lagi berusia mudah.

Berikut ini adalah informasi tingkatan seorang pilot beserta besaran gajinya. Seperti dilansir situs sekolah-pilot.com, Selasa (16/12/2014), profesi pilot memiliki tingkatan dengan besaran gaji yang berbeda-beda.

Sebagai gambaran, penghasilan kapten pilot maskapai Lion Air rata-rata Rp45 juta per bulan.  (BACA JUGA: 7 RUTE LION AIR DIBEKUKAN: Rute Trigana dan Kalstar Juga Dibekukan)

Tidak jauh berbeda, maskapai Garuda Indonesia juga memberikan gaji pokok kepada pilot-pilotnya sebesar Rp47,7 juta per bulan. (BACA JUGA: Ini Warisan Pilot Baru Garuda)

Tingkatan gaji itu memerlukan proses bagi seorang pilot. Setelah lulus dari akademi penerbangan, seseorang pilot mendapat gelar sebagai first officer (FO).

FO hanya memiliki lisensi untuk menerbangkan pesawat berukuran kecil dengan didampingi pilot kapten. Kisaran gaji untuk FO yaitu antara Rp15 juta hingga Rp20 juta per bulan.

Setelah memiliki jam terbang tertentu, FO naik pangkat menjadi kopilot. Kopilot adalah seseorang yang bertugas mendampingi kapten dalam suatu penerbangan.

Meski sebagai pendamping, kopilot tetap dituntut memiliki kemampuan setara dengan kapten. Kisaran gaji untuk kopilot yaitu antara Rp30 juta hingga Rp40 juta per bulan.

Tingkatan terakhir adalah kapten pilot. Kapten pilot bertugas menjalankan mesin untuk menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab terhadap segala sesuatu selama penerbangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Himawan Ulul
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper