Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Senyum dan Sapa Jadi "Senjata Sosial" Polisi di Gorontalo

Selain melengkapi diri dengan perlengkapan harian, polisi di wilayah Gorontalo kini diwajibkan melengkapi diri dengan senjata sosial berupa senyum dan sapa.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, GORONTALO -- Selain melengkapi diri dengan perlengkapan harian, polisi di wilayah Gorontalo kini diwajibkan melengkapi diri dengan senjata sosial berupa senyum dan sapa.

Kapolres Gorontalo Kota AKBP Roni Yulianto mengatakan, salah satu bentuk untuk mendekatkan hubungan kepolisian dengan masyarakat agar selalu memberikan senyum dan menyapa.

"Jika ada warga yang kita kenal harus disapa dan kalau memang sudah dekat, usahakan kita yang harus duluan menyapa," kata Roni, Senin (15/12/2014).

Menurut dia, jika kita selalu memberikan yang terbaik pada masyarakat, terutama di wilayah tugas masing-masing, maka tidak menutup kemungkinan polisi makin disegani dan keakraban akan terjamin dengan baik.

Jika antara polisi dengan masyarakat punya kedekatan dan kerja sama yang harmonis, maka tingkat kriminalitas semakin bisa ditekan dengan cara persuasif, jika ada penyakit masyarakat bisa segera diketahui.

"Warga yang akrab dengan polisi tentunya akan segera memberikan informasi jika ada penyakit masyarakat yang timbul," kata Roni.

Dia mengatakan, pada era sekarang ini sudah tidak memungkinkan lagi polisi berbuat semena-mena seperti menyakiti, menghina, mendzalimi masyarakat, namun harus selalu bekerja sama dalam menjaga stabilitas wilayah.

Dia juga meminta kepada para kapolsek dan Babinkamtibmas untuk selalu melibatkan masyarakat dalam mencegah dan memberantas penyakit masyarakat, tentunya juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

"Dalam kunjungan ke tiap polsek di jajaran Polres Gorontalo, saya selalu menitipkan pesan kepada tokoh masyarakat untuk membantu polisi," kata Roni.

Dia yakin jika polisi memberikan senyuman dan menyapa warga maka peran aktif masyarakat dalam menjaga stabilitas wilayah agar tetap kondusif, akan semakin nampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper