Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL SEMARANG-BATANG: Jika Tak Serius, Ganjar Pranowo Ancam Ganti Investor

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengancam investor yang menggarap proyek tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer untuk serius merealisasikan proyek tersebut. Jika tidak serius, akan digantikan dengan investor lainnya.

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengancam investor yang menggarap proyek tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer untuk serius merealisasikan proyek tersebut. Jika tidak serius, akan digantikan dengan investor lainnya.

"Saya sudah bertemu dua kali dengan mereka untuk mendorong terkait dengan soal pembebasan lahan tol Semarang-Batang, kalau  nggak serius ya kita copot," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ganjar mengungkapkan bahwa dana yang dianggarkan pemerintah pusat untuk pembebasan lahan yang terkena proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang sudah siap.

"Kemarin Pak CT (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, red) bicara Rp21,6 triliun sudah disiapkan untuk pembebasan lahan, cuma mekanismenya yang membebaskan yang memegang konsensi dulu," ujarnya.

Menurut Ganjar, proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang harus segera direalisasikan karena dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di jalur pantai utara Jawa Tengah.

Terkait dengan proses pembebasan lahan milik warga dan beberapa aset pemerintah provinsi setempat tersebut, Ganjar mengaku akan melibatkan Badan Pertanahan Nasional serta seluruh jajaran Pemprov Jateng.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengakui kalau realisasi proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang sedikit terhambat karena berbagai kendala teknis.

"Kami akan susun penjadwalan ulang dan itu memang agak berat karena investornya berganti-ganti," katanya.

Dia menegaskan proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang mendesak segera diwujudkan karena ruas menuju dan dari Kota Semarang memiliki potensi yang menjanjikan guna pengembangan sektor perekonomian di daerah setempat.

Jalan tol Batang-Semarang rencananya akan dibangun dalam lima seksi yakni seksi pertama sepanjang 3,2 kilometer, seksi dua 36,3 km, seksi tiga 11,0 km, seksi empat 13,5 km, dan seksi lima 10,9 km.

Kebutuhan anggaran untuk pembangunan jalan tol Semarang-Bawen tersebut mencapai sekitar Rp7,21 triliun untuk kegiatan konstruksi dengan total biaya pembebasan lahan senilai Rp836 miliar.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper