Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skenario 7 Menko di Kabinet Prabowo, dari AHY, Cak Imin hingga Budi Gunawan?

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dikabarkan akan menunjuk 7 menteri koordinator (menko) di kabinetnya.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com
Minggu, 20 Oktober 2024 | 06:30
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa
Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan kepada para calon menteri di Hambalang pada Rabu (16/10/2024)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto telah memanggil calon menteri, wakil hingga kepala lembaga. Posisi menteri koordinator masih menjadi teka-teki menjelang H-2 pelantikan presiden dan wakil presiden.

Berdasarkan dokumen berjudul “Gambaran Nomenklatur Mitra AKD” dari DPR, kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming Raka bakal ada 46 kementerian. Dari jumlah itu, ada lima kementerian koordinator (kemenko) dan 41 menteri.

Adapun kelima kemenko itu adalah Kemenko Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kemenko Bidang Kemasyarakatan.

Namun, menurut informasi, bakal ada tujuh menteri koordinator (menko) di kabinet Prabowo. Uniknya, hal tersebut diperkuat dengan foto bersama Prabowo-Gibran, dengan para menteri saat melakukan Hambalang Retreat pada Kamis (17/10/2024).

Terdapat tujuh orang yang duduk di kursi, sejajar dengan posisi Prabowo dan Gibran. Padahal, 43 orang lainnya berdiri, bahkan ada yang jongkok di bawah. Total ada 52 orang yang berfoto termasuk, Prabowo dan Gibran.

Tujuh orang yang duduk di kursi tersebut adalah Muhaimin Iskandar, Pratikno, Erlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Yusril Izha Mahendra dan Budi Gunawan. (lihat foto di bawah ini)

Skenario 7 Menko di Kabinet Prabowo, dari AHY, Cak Imin hingga Budi Gunawan?

Nama Budi Gunawan mendadak muncul di Hambalang Retreat, meskipun pada saat pemanggilan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Pusat, pada dua hari sebelumnya, tidak ada.

Santer disebut bahwa Budi Gunawan representatif dari PDIP, tetapi dibantah oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela-sela pengukuhan gelar doktor di Universitas Indonesia, Kamis (17/10/2024).

Budi Gunawan disebut-sebut akan mengisi posisi Menko bidang Politik dan Keamanan yang sebelumnya dipegang oleh Hadi Tjahjanto. Hadi tidak masuk dalam daftar para menteri kabinet Prabowo-Gibran.

Adapun AHY dikabarkan bakal mengisi posisi Menko Infrastruktur. Sinyal tersebut disampaikan oleh Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Suyus Windayana.

Dia menyebutkan bahwa AHY akan tetap mengkomandoi Kementerian ATR/BPN di bawah naungan Kemenko Infrastruktur. Tak hanya AHY, Suyus sempat menyinggung Wamen ATR/BPN yakni Raja Juli Antoni bakal menjadi Menteri Kehutanan.

Di mana nantinya Kementerian kehutanan masuk dalam lingkup koordinator Menko Infrastruktur.

“Saya juga mendoakan pada bapak berdua [AHY dan Raja Juli] supaya bapak makin sukses, barokah, dimudahkan, dilancarkan dan makin akrab dengan kita. Jangan lupa masalah hutan dengan ATR bisa selesai di bawah komando pak Menko,” jelasnya dalam acara Malam Puncak Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru), di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Adapun Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memastikan telah diminta untuk menjadi meko bidang Pangan dalam kabinet Prabowo. “Iya [jadi kemenko],” kata Zulhas di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). 

Menteri Perdagangan di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin itu mengatakan bahwa Prabowo menekankan agar pemerintahannya kelak terus selalu waspada terhadap tantangan pangan. Dia mengaku mendapat tugas dari Prabowo agar Indonesia dapat kembali mewujudkan swasembada pangan pada 5 tahun mendatang. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid merespons isu Ketua Umum PKB Muhaimin Islandar alias Cak Imin yang digadang-gadang menempati posisi salah satu menko di kabinet Prabowo-Gibran. 

Jazilul menyampaikan bahwa penempatan posisi Ketumnya tersebut diserahkan sepenuhnya kepada presiden terpilih karena itu adalah hak prerogatifnya. “Kalau itu prerogatif Pak Prabowo,” katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

Adapun orang dekat Presiden Jokowi, yakni Pratikno dikabarkan akan mengisi posisi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang saat ini diisi Muhadjir Effendy. Muhadjir secara terang-terangan memberikan sinyal Pratikno yang akan menggantikan.

"Pak Pratikno ini belum menggantikan saya, tapi sudah perintah-perintah," kata Muhadjir berkelakar saat diminta Pratikno untuk bernyanyi dalam peluncuran buku Jejak Bakti Untuk Negeri: Muhadjir Effendy di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Yusril Ihza Mahendra secara terang menyebutkan bahwa diminta oleh presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mengisi posisi Menko bidang Hukum dan HAM. “Terkait di bidang hukum dan hak asasi manusia,” ujarnya di Kertanegara, Senin (14/10/2024).

Terakhir, Airlangga Hartarto dikabarkan akan menduduki posisi yang sama pada saat ini, yakni Menko Bidang Perekonomian.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper