Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Politik Pertemuan Jokowi dan Prabowo, dari Senayan hingga Solo

Prabowo Subianto menyambangi kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo pada H-7 pelantikannya sebagai presiden terpilih periode selanjutnya.
Prabowo Subianto bersama dengan Gibran Rakabuming Raka di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024)/Antara-Kominfo
Prabowo Subianto bersama dengan Gibran Rakabuming Raka di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024)/Antara-Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Prabowo Subianto menyambangi kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo pada H-7 pelantikannya sebagai presiden terpilih periode selanjutnya.

Prabowo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo pada Minggu (13/10/2024) siang. Kedatangan Prabowo dijemput langsung oleh wakilnya, Gibran Rakabuming Raka.

Dilansir dari Antara, keduanya langsung menuju kediaman Jokowi yang berada di Sumber, Banjarsari, Solo. Keduanya tiba di kediaman Presiden Jokowi pada pukul 14.15 WIB. Pada kesempatan itu, Prabowo yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan mengenakan atasan batik, celana hitam, dan memakai peci.

Momen tersebut menjadi kali pertamanya Prabowo dan Gibran terlihat pada kesempatan yang sama telah berita tentang akun Fufufa menjadi perbicangan publik.

Di samping itu, pertemuan pribadi antara Prabowo dan Jokowi tersebut menjadi kali keduanya setelah sempat berdiskusi secara tertutup saat makan malam di Jakarta.

Momen makan malam tersebut terjadi saat keduanya menghadiri agenda Gala Dinner BNI Investor Daily Summit 2024 yang diselenggarakan di Plataran by Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Presiden Jokowi mengaku melakukan pertemuan santap makan malam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selama 2,5 jam di sekitar kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Hal ini dia sampaikan usai membuka agenda Malam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Pertambangan dan Energi di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (10/11/2024).

“Ketemunya 2,5 jam ya membahas banyak banget. Enggak bisa saya ceritakan lah, kalau saya ceritakan juga 2,5 jam lagi ceritanya,” ucapnya kepada wartawan.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengaku bahwa membahas topik obrolan mulai dari politik hingga urusan ekonomi dengan presiden terpilih periode 2024—2029 itu.

“Ya ada politiknya, ada urusan ekonomi banyak banget,” pungkas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan, pertemuan lanjutan Prabowo ke kediaman pribadi Jokowi di Solo guna membahas transisi pemerintahan.

Menurutnya, Prabowo tengah menyiapkan keberlanjutan dari pemerintahan yang akan dimulai pada 20 Oktober 2024.

"Benar, di kediaman pribadi Pak Jokowi di Sumber (Solo). Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," katanya kepada Bisnis melalui pesan singkat, Minggu (13/10/2024).

Jokowi Bantah Cawe-Cawe

Jokowi mengaku tak ada intervensi soal kabinet saat melakukan pertemuan santap makan malam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Selasa (8/10/2024).

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan bahwa meskipun membahas topik obrolan mulai dari politik hingga urusan ekonomi dengan Ketua partai Gerindra itu, tetapi tak ada intervensi dalam diskusi tersebut.

Hal ini disampaikannya saat membuka agenda Kompas 100 CEO Forum Tahun 2024, di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (11/10/2024).

“Meskipun kemarin kami makan malam 2,5 jam, ndak, kalo ndak ditanya, saya gak [merekomendasikan]. Karena saya sama, saya juga gamau hak prerogatif saya diintervensi siapapun. Itu hak yang diberikan pada rakyat, kemudian dalam pemilu di transfer ke saya,” tuturnya dalam forum itu.

Partai Gerindra pun membantah adanya intervensi Presiden Jokowi dalam penyusunan kabinet maupun rencana pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan.

“Saya belum dengar Pak Jokowi meminta [penolakan] itu,” kata Dasco, Selasa kemarin.

Menurut Dasco, sampai sejauh ini Jokowi dan Prabowo tidak pernah membicarakan hal terkait kabinet mendatang. Karena prinsipnya itu adalah hak prerogatif Presiden terpilih.

“Sampai dengan hari ini tidak pernah Pak Jokowi atau Pak Prabowo membicarakan kabinet. Karena pada prinsipnya Pak Jokowi memberikan hak prerogatif itu kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih,” jelasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper