Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Pastikan Tak Cawe-Cawe Kabinet Prabowo: Saya Tak Suka Diintervensi Juga

Presiden Jokowi mengaku tak ada intervensi soal kabinet saat melakukan pertemuan santap makan malam dengan Menhan Prabowo Subianto pada Selasa (8/10/2024).
Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto makan malam bersama di kompleks GBK, Selasa (9/10/2024). Dok Instagram @jokowi
Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto makan malam bersama di kompleks GBK, Selasa (9/10/2024). Dok Instagram @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak ada intervensi soal kabinet saat melakukan pertemuan santap makan malam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Selasa (8/10/2024).

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan bahwa meskipun membahas topik obrolan mulai dari politik hingga urusan ekonomi dengan Ketua partai Gerindra itu, tetapi tak ada intervensi dalam diskusi tersebut.

Hal ini disampaikannya saat membuka agenda Kompas 100 CEO Forum Tahun 2024, di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (11/10/2024).

“Meskipun kemarin kami makan malam 2,5 jam, ndak, kalo ndak ditanya, saya gak [merekomendasikan]. Karena saya sama, saya juga gamau hak prerogatif saya diintervensi siapapun. Itu hak yang diberikan pada rakyat, kemudian dalam pemilu di transfer ke saya,” tuturnya dalam forum itu.

Oleh sebab itu, Kepala Negara pun juga meminta masyarakat menunggu untuk mengetahui siapa saja menteri yang masuk ke kabinet Prabowo.

Bahkan, Presiden ke-7 RI itu mengaku tak akan mengintervensi hak prerogatif Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih.

“Jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu [daftar menteri Prabowo], karena orang akan langsung negativisme lagi, saya engga ikut-ikut, intervensi, juga Ndak,” katanya sambil menggelengkan kepala.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakan bahwa dirinya tak akan mau untuk cawe-cawe dalam pembentukan kabinet dari Prabowo Subianto. Mengingat, selama menjabat dirinya menolak untuk diintervensi.

“Saya pun tak pernah mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama, saya tak mau ikut-ikutan, tetapi kalo ditanya ya saya jawab. Kalo ditanya, kalo gak ditanya saya gak akan jawab. 'Pak gimana ini menurut Bapak? Pak Andre Rosiade, nah saya jawab.

Dia pun buka-bukaan terkait sosok yang lebih mengetahui sosok yang akan mengisi kursi menteri di Kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani lebih mengetahui siapa saja tokoh yang dirangkul oleh presiden terpilih periode 2024—2029 itu untuk dijadikan sebagai menteri.

“Nanti tunggu saja hari senin, seminggu lagi, menteri-menterinya akan dilantik kalau mau tau menterinya siapa-siapa tanya ke pak Ahmad Muzani. Jangan tanya ke saya,” pungkas Jokowi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper