Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Akan Umumkan Jumlah Komisi Senin Pekan Depan, Jadi 13?

Sufmi Dasco Ahmad menyatakan jumlah final komisi atau Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam pemerintahan Prabowo akan diumumkan pada Senin, 14 Oktober mendatang.
Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR RI. Youtube TV Parlemen
Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR RI. Youtube TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan jumlah final komisi atau Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam pemerintahan Prabowo akan diumumkan pada Senin, 14 Oktober mendatang.

Adapun, saat ini jumlah komisi yang ada di DPR sebanyak 11 komisi. Nantinya jika memang ada penambahan komisi, akan disesuaikan dengan jumlah kementerian yang ada di kabinet Prabowo-Gibran.

“Komisi InsyaAllah tanggal 14 nanti kita akan umumkan [jumlah komisi atau AKD],” tuturnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2024).

Tanggal 14 Oktober nanti, lanjut Dasco, akan diadakan rapat dengan para pimpinan fraksi di DPR guna penyampaian jika ada pertambahan komisi atau AKD. 

Namun, Dasco memastikan bahwa akan ada penambahan AKD yang baru bernama Badan Aspirasi Rakyat.

“Jadi tanggal 14 itu kemungkinan kita adakan rapat dengan pimpinan-pimpinan fraksi dan di situ kemudian kita akan menyampaikan pertambahan komisi kalau ada dan pertambahan AKD, yang jelas ada pertambahan AKD nya itu ya Badan Aspirasi Rakyat,” katanya.

Lebih lanjut, Dasco menjelaskan masing-masing fraksi di DPR sudah memetakan nama-nama yang kiranya akan mengisi kursi pimpinan komisi dan AKD di DPR.

“Harusnya kalau formasi AKD atau komisinya sudah jelas, tentunya pimpinan-pimpinan komisi dan AKD itu dari masing-masing fraksi sudah ada ancar-ancarnya dan mudah-mudahan bisa dalam waktu 14 atau 15 itu kita sudah selesaikan,” jelas dia.

Sebelumnya, Said Abdullah mengatakan wacana penambahan jumlah komisi DPR periode 2024-2029 menjadi 13 sudah disetujui oleh fraksi-fraksi partai politik. 

Said melanjutkan, memang sampai saat ini komisi DPR sedang disiapkan menjadi 13, tetapi nomenklatur dari setiap komisi serta mitranya akan ditentukan setelah presiden terpilih menetapkan nomenklatur kementerian.

“Memang 13 komisi. 13 komisi Insya Allah kawan-kawan fraksi sudah firm,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper