Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

Berikut sederet foto momen haru Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia. Mulai dari menyapa jemaat di jalan hingga cium tangan Imam Istiqlal.
Artha Adventy, Dany Saputra, Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 6 September 2024 | 07:30
Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal pada Kamis, 5 September 2024. Pertemuan ini menjadi salah satu bagian dari perjalanan Apostolik Paus Fransiskus, diakhiri dengan misa akbar di Gelora Bung Karno. INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/Donny Fernando
Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal pada Kamis, 5 September 2024. Pertemuan ini menjadi salah satu bagian dari perjalanan Apostolik Paus Fransiskus, diakhiri dengan misa akbar di Gelora Bung Karno. INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/Donny Fernando

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus akhirnya resmi menutup lawatannya ke Indonesia yang dimulai sejak 3 September 2024. Momen haru dirasakan masyarakat selama keberadaan Paus Fransiskus di Tanah Air. 

Paus Fransiskus mengakhiri kunjungan di Indonesia dengan memimpin Misa Kudus yang dilakukan di Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Dalam misa ekaristi tersebut, Paus asal Argentina itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Indonesia yang menyambutnya dengan hangat dan penuh kasih sayang. 

"Terima kasih, terima kasih masyarakat Indonesia," kata Paus Fransiskus saat menutup Misa Kudus yang diadakan di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024). 

Paus Fransiskus mengungkapkan kunjungannya di Indonesia akan segera berakhir. Sri Paus mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam kunjungannya kali ini.

"Saya berterima kasih kepada Kardinal Ignasius [Suharyo], serta konferensi para uskup [Konferensi Waligereja Indonesia] yang bersama-sama mengabdi kepada umat dan Tuhan," ujarnya.

Tak lupa pula, Paus Fransiskus berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya kali ini.

Paus Fransiskus mengungkapkan banyak hal yang membuatnya terkesan selama kunjungannya di Indonesia. Salah satunya orang-orang yang sakit, namun senantiasa memanjatkan doanya kepada Tuhan YME. 

Meski kunjungannya sangat singkat, momen yang mengharukan justru terjadi selama kedatangan Paus Fransiskus di Tanah Air. Nilai-nilai kesederhanaan dan kasih sayang ditunjukkan langsung oleh Sri Paus sehingga menjadi teladan, bukan cuma bagi umat Katolik tapi seluruh masyarakat Indonesia. 

Berikut 5 momen haru yang terjadi selama kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia 

1. Teladan Hidup Sederhana 

Meski berstatus sebagai salah satu tokoh terpenting dunia saat ini, Paus Fransiskus justru menunjukkan keteladaaan lewat nilai-nilai kesederhanaan. Beliau tidak menaiki jet pribadi dan tidak menginap di hotel selama berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Paus Fransiskus tiba di Bandara Soetta pada pukul 11.25 WIB. Alih-alih menaiki pesawat jet pribadi, Paus Fransiskus justru terbang dengan pesawat komersil milik ITA Airways, maskapai penerbangan nasional Italia.

Setelah mendarat di Bandara Soetta, Paus Fransiskus langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia, Jakarta Pusat pada Selasa (3/8/2024). 

Berdasarkan pantauan Bisnis, tampak rombongan Paus telah tiba di kedutaan besar Vatikan pada pukul 12.26 WIB. Dari salah satu rombongan, tampak mobil Kijang Innova Zenix putih berplat SCV 1 berwarna putih, yang dinaikki Paus. Mobil tersebut dilengkapi  dengan bendera Indonesia dan Vatikan. 

Paus Fransiskus beristirahat di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia, bukan di hotel-hotel mewah yang ada di Jakarta.

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

2. Terkesima dengan Bhinneka Tunggal Ika

 Paus Fransiskus melafalkan dengan lancar kata 'Bhinneka Tunggal Ika' saat menyampaikan kata sambutannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Duduk di samping Presiden Joko Widodo (Jokowi), Paus Fransiskus menyampaikan bahwa Indonesia terdiri dari negara kepulauan yang luas dan dikelilingi laut. Dia lalu mengibaratkan fondasi saling menghargai terhadap perbedaan budaya, etnik hingga agama di Indonesia seperti samudera yang menyatukan negara kepulauan itu.

Pada momen itulah, Paus Fransiskus melafalkan Bhinneka Tunggal Ika dengan lancar dan sambil menjelaskan maknanya kepada para tamu undangan yang hadir di Istana Negara. 

"Semboyan negara anda Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keberagaman secara harfiah berarti berbeda-beda tetapi satu jua, mengungkapkan realitas beraneka sisi dari berbagai orangg yang disatukan dengan teguh dalam satu bangsa," ujarnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/9/2024).

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu lalu mengutarakan bahwa semboyan Bhinneka Tunggal Ika itu turut memperlihatkan soal keanekaragaman hayati di Indonesia. Dia menyebut keanekaragaman hayati maupun perbedaan di Indonesia menjadi sumber kekayaan dan keindahan.

"Kerukunan dalam perbedaan dicapai ketika perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bersama dari semua orang, dan ketika setiap kelompok suku dan denominasi keagamaaan bertindak dalam semangat persaudaraan seraya mengejar tujuan luhur dengan melayani kebaikan bersama," demikian pesan Paus.

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

3. Sapa Jemaat di Jalan dan Beri Rosario  

Seorang ibu bersama anaknya terharu dan gemetaran setelah mendapatkan berkat langsung dan rosario dari Paus Fransiskus di kawasan luar Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Aku senang banget, aku gemetar, puji Tuhan, ya Tuhan, panjang umur untuk Sri Paus, diberkati, sehat selalu," kata Cornelia (34) saat ditemui sedang duduk di trotoar bersama anaknya bernama Gefariel (4) di kawasan luar Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis.

Cornelia mengaku dia dan anaknya langsung mendapatkan rosario dengan rantai putih dan bandul hitam disertai salib itu saat dirinya menyambut Paus Fransiskus yang keluar setelah rangkaian di Masjid Istiqlal. Terlihat beberapa warga juga menghampiri Gefariel untuk mengelus kepala dan menyentuh serta mencium salib ujung rosario tersebut.

"Iya dapat rosario dan permen, aku jujur enggak tau, kejadiannya cepat saja begitu," ucap Cornelia.

Dia tidak mendengar apa yang diucapkan Paus Fransiskus kepadanya. Rambut anaknya diusap dan dia langsung mencium tangan Paus Fransiskus berkali-kali. Dia juga tidak percaya perjalanannya dari Cilangkap, Jakarta Timur lalu jalan kaki dari Stasiun Gambir ke Masjid Istiqlal ternyata mendapat perhatian Paus Fransiskus.

"Iya jalan aja aku gitu, tadi jalan dari rumah jam enam pagi, ya sudah aku pasrah aku, jalan aja karena melihat saja itu sudah senang banget, ini berkah banget ya tuhan, terima kasih Paus, ini berkat yang luar biasa," ucap Cornelia.

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

4. Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

Pertemuan antara Paus Fransiskus dengan para pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal, Kamis (5/9/2024), menghadirkan sejumlah momen spesial. Salah satunya adalah perjumpaan Kepala Negara Vatikan itu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Biarawan Katolik bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kedua bersalaman tangan dan cium pipi serta langsung menuju ke depan Terowongan Silaturahim.

Paus Fransiskus kemudian memberkati Terowongan Silaturahim yang menghubungkan rumah ibadah, yakni Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus memberi pesan khusus bagi Indonesia untuk merawat keberagaman yang ada. Dia secara simbolis menjelaskan fungsi dari Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan dua rumah ibadah besar.

Oleh karena itu, Sri Paus menyarankan agar masyarakat berupaya untuk menciptakan hubungan di tengah keberagaman, menumbuhkan ikatan persahabatan, kepedulian, dan timbal balik. 

Menariknya, pada pengujung pertemuan tersebut, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kepala Paus Fransiskus yang duduk di kursi roda.

Salam hangat dari Imam Besar Masjid Istiqlal itu pun dibalas Paus Fransiskus. Paus asal Argentina itu menggenggam erat dan mencium tangan Nasaruddin Umar.

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal

5. Viva Il Papa Bergaung di GBK 

Di akhir kunjungan, Paus Fransiskus tiba di Stasion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Madya untuk memimpin Misa Kudus pada Kamis Sore (5/9/2024). 

Berdasarkan siaran langsung perayaan Misa Kudus di Youtube, Paus Fransiskus tiba di kawasan Stadion GBK pada pukul 16.20 WIB. Didampingi body guard, Paus asal Argentina itu menaiki mobil putih dengan kap terbuka atau Popemobile yang diproduksi oleh PT Pindad. 

Paus Fransiskus tersenyum sambil melambaikan tangannya kepada puluhan ribu jemaat atau umat Katolik yang ingin mengikuti ibadah Misa Kudus pada hari ini. 

Mengenakan seragam kebesarannya, yakni baju dan topi putih serta kalung salib yang terbuat dari perak, Paus Fransiskus seakan tak pernah lelah untuk menyapa jemaat umat Katolik Indonesia pada sore itu.

Stadion Madya dan Stadion GBK pun langsung bergemuruh untuk menyambut Pemimpin Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan tersebut. 

"Viva Il Papa! Viva Il Papa! Viva Papa Franscesco, Viva Papa Franscesco!" teriakan menyambut Paus Fransiskus terus menggema di Stadion GBK Senayan seperti dikutip dari siaran Youtube, Kamis (5/9/2024).

Foto-foto Momen Haru Paus Fransiskus di RI: Sapa Jemaat hingga Cium Tangan Imam Besar Istiqlal


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper