Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Soroti Kehebatan AI: Kim Jong Un Hingga Trump Bisa Dibuat Catwalk

Jokowi menyoroti kehebatan AI untuk memuluskan transformasi digital khususnya bidang ekonomi hingga keuangan
Ilustrasi Artificial intelligence/Alibaba Cloud
Ilustrasi Artificial intelligence/Alibaba Cloud

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar transformasi digital khususnya bidang ekonomi, bidang keuangan harus disorot sebagai hal yang sangat penting, apalagi dengan pesatnya teknologi saat ini.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyoroti perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang kian masif dapat membuat banyak hal yang mustahil kini menjadi mungkin.

“Kita bisa lihat Elon Musk sudah membuat AI catwalk, modelnya menggunakan menggunakan wajah-wajah para tokoh dunia, mulai dari Elon Musk sendiri, Presiden Donald Trump, Presiden Kim Jong-un, Ketua Dewan Amerika Nancy Pelosi, Tim Cook, Perdana Menteri Justin Trudeau, Hilary Clinton, Mark Zuckerberg, dan Presiden Barack Obama,” tuturnya saat meresmikan Pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Menurutnya, kecepatan transformasi digital tersebut harus direbut sebagai potensi bisnis ke depan. Mengingat berbagai komoditas seperti busana, produk, dinilainya dapat ditransformasikan ke bentuk-bentuk digital dan dipasarkan secara digital juga.

Dia mengatatakan apabila produk UMKM bisa masif dalam memanfaatkan kecerdasan buatan, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. Meskipun Jokowi tak menyebut berapa potensinya.

Oleh sebab itu, Presiden ke-7 RI itu menitipkan agar transformasi digital dapat berjalan secara inklusif, berkeadilan. Sehingga masyarakat hingga lapisan ekonomi bawah, ekonomi mikro, UMKM dapat mendapatkan akses dan kesempatan yang sama dalam memanfaatkan ekonomi digital.

“Karena jumlah UMKM kita sangat besar 64 juta. Tentu digital UMKM ini akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital dan pembayaran digital kita,” pungkas Jokowi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper