Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP dan Gerindra Timbang-timbang Nama Kaesang di Jawa Tengah

PDIP dan Gerindra telah menimbang untuk mengusung Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) dan Gerindra mempertimbangkan untuk mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dalam pemilihan gubernur alias Pilgub Jawa Tengah (Jateng).

Kaesang sendiri saat ini adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia berpeluang maju sebagai calon gubernur setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan ketentuan tentang batas usia minimal calon gubernur dihitung saat pelantikan bukan pendaftaran.

Adapun Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bahwa mengakui survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan Kaesang menjadi kandidat gubernur favorit warga Jateng. Dia merasa Kaesang sosok yang patut dipertimbangkan.

"Iya dong, [Kaesang] jadi salah satu pertimbangan juga," ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Bahkan, mantan Menko PMK ini juga mengaku tidak masalah elektabilitas Kaesang lebih tinggi daripada elektabilitas koleganya Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul versi survei LSI.

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," katanya.

Survei LSI

Sebagai informasi, survei LSI, yang diadakan pada 21 – 26 Juni 2024 menanyakan kepada responden siapa tokoh yang akan dipilih untuk menjadi gubernur Jateng. Hasilnya, dalam simulasi semi terbuka 21 nama kandidat, Kaesang menjadi pilihan utama dengan meraih dukungan dari 15,9% responden.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengikuti di peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 12,9%. Lalu kader Gerindra Abdul Wachid ada di peringkat ketiga (7,8%).

Setelahnya mengikuti masing-masing pesohor Raffi Ahmad (6,8%), politisi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten Prabowo Sudaryono (4,7%), hingga politisi PDIP Hendrar Prihadi (4,7%). Sementara nama lainnya hanya memperoleh 4% ke bawah.

Sementara itu, dalam simulasi enam hingga dua nama, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan ada empat kandidat yang selalu menunjukkan elektabilitas yang tinggi.

"Empat nama yang bisa bertarung paling kuat yaitu Ahmad Luthfi, Bambang Wuryanto, Taj Yasin Maimoen, dan Kaesang Pangarep," ungkap Djayadi ketika memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (30/6/2024).

Survei LSI tersebut juga memilah pilihan kandidat gubernur warga Jateng berdasarkan pilihan partai politik mereka. Hasilnya, dalam simulasi enam nama, pemilih PDIP paling banyak memilih Kaesang (23,3%) untuk menjadi cagub Jateng 2024.

Gerindra Siap Usung

Partai Gerindra mempertimbangkan untuk mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam Pilkada Serentak 2024 Jawa Tengah.

Pernyataan itu sekaligus menepis kabar bahwa Gerindra akan mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di Pilkada Jakarta.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman meyakini bahwa Kaesang Pangarep bisa menang dengan mudah di Pilkada Jawa Tengah nanti.

Pasalnya, menurut Habiburokhman, selain Kaesang Pangarep adalah putra daerah, nama Presiden Joko Widodo juga populer di wilayah Jawa Tengah.

"Jadi kalau Mas Kaesang maju di Pilkada Jawa Tengah, saya yakin sambutannya akan luar biasa dari konstituen kami," tutur Habibirokhman di Gedung DPR, Senin (1/7).

Selain itu, Habiburokhman mengemukakan bahwa faktor Presiden Jokowi juga sangat kuat dan bisa menjadi pemicu kemenangan Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah nanti.

"Saya pikir kalau Jawa Tengah itu kan kampungnya Pak Jokowi. Pak Jokowi besar di sana dan kampungnya di sana. Pasti keluarga besar Pak Jokowi akan all out memenangkan Kaesang di sana," katanya.

Habiburokhman juga mengatakan bahwa dari hasil survei terakhir Lembaga Survei Indonesia (LSI), nama Kaesang Pangarep juga berada diurutan teratas untuk Pilkada Jawa Tengah.

"Jadi kami menunggu saja apakah beliau berkenan untuk maju atau tidak mengingat survei beliau juga cukup bagus di Jawa Tengah," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper