Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badai Topan Beryl Ancam 'Sapu' Karibia

Karibia terancam dengan hantaman Badai Tropis Beryl yang akan muncul
Ilustrasi Badai Topan Beryl Ancam 'Sapu' Karibia/Bloomberg
Ilustrasi Badai Topan Beryl Ancam 'Sapu' Karibia/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Badai Tropis Beryl diperkirakan akan menjadi badai pertama musim ini sebelum melanda ujung selatan Barbados di tenggara Karibia.

Beryl saat ini memiliki kecepatan angin maksimum 60mph (95km/jam) dan bergerak ke barat dengan kecepatan 21mph (34km/jam), menurut Pusat Badai Nasional Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Dilansir dari Guardian, peramal cuaca di pusat badai memperkirakan badai tersebut akan semakin kuat menjadi badai pada saat mencapai pulau tersebut, membawa hujan lebat dan angin, serta gelombang badai yang berbahaya.

Barbados telah mengeluarkan peringatan badai. Pusat Beryl diperkirakan melewati 26 mil (42 km) selatan pulau.

Model badai saat ini menunjukkan Beryl kemudian melewati selatan Republik Dominika dan Haiti, melintasi Jamaika dan Kepulauan Cayman, dan menuju semenanjung Yucatán di Meksiko.

Ahli meteorologi mengatakan pembentukan badai dibantu oleh pergeseran angin di bawah normal yang mengurangi angin awal musim panas yang dianggap mengganggu perkembangan badai, menurut Weather Channel.

Mottley mencatat bahwa ribuan orang berada di Barbados untuk menyaksikan final kriket Piala Dunia Twenty20, dengan India dan Afrika Selatan bermain di Bridgetown pada hari Sabtu.

Menteri Dalam Negeri, Wilfred Abrahams, mengatakan warga Barbados tahu apa yang harus mereka lakukan ketika badai mendekati pulau itu, termasuk mengeluarkan kapal penangkap ikan dari air, membersihkan saluran air dan saluran air, serta menyiram Bridgetown dan daerah lainnya.

“Semua persiapan rutin yang kami lakukan untuk menghadapi badai sedang berjalan lancar,” kata menteri tersebut, dilansir Barbados Today.

Beryl adalah nama badai Atlantik yang pertama tetapi nama badai kedua pada musim ini, yang berlangsung dari 1 Juni hingga 30 November di Atlantik. Pekan lalu, Badai Tropis Alberto yang keluar dari Teluk Meksiko menyebabkan banjir di sebagian Texas dan Meksiko timur laut.

Beryl dianggap tidak biasa, menurut laporan, karena terbentuk pada awal musim dan di Atlantik tropis di sebelah timur Karibia. Menurut Pusat Badai Nasional, badai pertama pada musim badai biasanya terjadi pada awal hingga pertengahan Agustus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper