Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sapi Kurban Jokowi di Semarang akan Dipotong Besok, Ini Alasannya

Sapi seberat 1.250 Kilogram dari Presiden Joko Widodo bakal disembelih di Islamic Center Manyaran, Kota Semarang, pada Selasa (18/6/2024).
Empty
Empty

Bisnis.com, SEMARANG — Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo yang diserahkan kepada Masjid Baiturrahman Semarang dalam rangka Iduladha 1445 H bakal disembelih pada Selasa (18/6/2024) besok. 

Sapi jenis simental tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Ketua Takmir Masjid Baturrahman Ahmad Daroji usai melaksanakan ibadah salat Id pada hari ini, Senin (17/6/2024) pagi.

Daroji menjelaskan bahwa sapi sebesar 1.250 Kilogram tersebut nantinya bakal diboyong dari Masjid Baiturrahman di Kawasan Simpang Lima ke Islamic Center Manyaran.

"Karena di sini kan tidak memungkinkan. Ada 20 ekor sapi dan kambing hampir 50 ekor. Jadi tidak mungkin [disembelih] di sini," jelasnya saat ditemui wartawan.

Nantinya, hewan kurban dari Jokowi itu bakal dibagikan kepada masyarakat Kota Semarang yang membutuhkan. Daroji menyebut bahwa daging sapi itu bakal didistribusikan kepada lembaga yatim piatu, duafa, dan juga pribadi yang telah dipilih oleh Pantia Iduladha Masjid Baiturrahman Kota Semarang.

Sebagai informasi, sapi dari Presiden Joko Widodo tersebut didatangkan langsung dari Kabupaten Wonogiri. Sebelum disembelih, Balai Inseminasi Buatan Dinas Peternakan dan Keswan Hewan Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pemeriksaan dan memastikan bahwa sapi tersebut telah terbebas dari penyakit.

Daroji berharap daging kurban itu bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas. "Kami berharap bahwa syiar kami semakin luas dan setiap masyarakat yang bisa berkurban bisa mengendalikan dirinya lebih kuat," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa bantuan ke masyarakat berupa sapi dalam rangka Iduladha 1445 Hijriyah telah didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia sejak Jumat (14/6/2024) pekan lalu. Setiap provinsi menerima satu ekor sapi dari Presiden.

Presiden Jokowi sendiri memilih Kota Semarang sebagai lokasi perayaan Iduladha terakhirnya sebagai presiden. Sejak pagi, Presiden telah tiba di Kawasan Simpang Lima untuk menunaikan ibadah salat Id bersama ribuan masyarakat Kota Semarang lain.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat ikut hadir mendampingi presiden. Mulai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, hingga Wali Kota dan Mantan Wali Kota Semarang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper