Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Microsoft Satya Nadella Bertemu Jokowi, Bawa Investasi Rp27,6 Triliun

Jokowi menerima kunjungan dari CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/4/2024).
Bos Microsoft Satya Nadella Bertemu Jokowi, Bawa Investasi Rp27,6 Triliun. Satya Nadella, CEO Microsoft. /Reuters
Bos Microsoft Satya Nadella Bertemu Jokowi, Bawa Investasi Rp27,6 Triliun. Satya Nadella, CEO Microsoft. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Di tengah kabar investasi yang diboyong oleh perusahaan multinasional Amerika Serikat (AS) senilai Rp27,6 triliun itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengamini bahwa Satya memang berminat untuk berinvestasi dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) di Tanah Air.

“Satya menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Microsoft akan berinvestasi signifikan di Indonesia selama empat tahun ke depan dalam infrastruktur kecerdasan artifisial [AI] dan komputasi awan, serta kesempatan pelatihan AI untuk 840.000 orang,” ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (30/4/2024). 

Lebih lanjut, Budi menekankan bahwa akan ada juga dukungan untuk komunitas developer yang sedang berkembang di Indonesia seperti program ‘AI Oddyssey’, yang diharapkan dapat menjangkau 10.000 pengembang dengan Microsoft kridensial.

Dia melanjutkan bahwa dalam pertemuan dengan Kepala Negara selama 28 menit itu, Satya menyampaikan kepada Presiden besaran nilai investasi Microsoft yang akan menjadi nilai investasi tunggal terbesar dalam sejarah kegiatan bisnis Microsoft selama 29 tahun di Indonesia. 

Budi memastikan bahwa angka nominal investasi yang pasti akan disampaikan oleh Satya Nadella secara langsung nanti dalam agenda 'Microsoft Build: AI Day' di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

“Satya nanti ngomong di JCC ada acara Microsoft Build AI Day. Tadi sudah bicara dengan presiden mengenai pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan pusat riset bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Utamanya dalam pembentukan digital talent khususnya di bidang AI,” pungkas Budi.

Menurut pantauan Bisnis, CEO Microsoft Satya Nadella tiba di lingkungan Istana Kepresidenan pada pukul 08.27 WIB. Adapun, dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi sejumlah menteri.

Tak hanya Menkominfo, turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pertemuan berlangsung singkat dengan kurun hanya 28 menit hingga pukul 08.53 WIB. Usai pertemuan tersebut, Nadella tidak banyak berkomentar ke awak media dan langsung berangkat menuju JCC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper