Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Mooryati Soedibyo yang Tutup Usia di Usia 96 Tahun

Mooryati Soedibyo telah tutup usia di usianya yang 96 tahun pada hari ini Rabu 24 April 2024 sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.
Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Dr.BRA.Moeryati Sudibyo saat puncak acara Rakernasus Indonesia Marketing  Assosiation 2018 di The Sunan hotel, Sabtu (15/9/2018). JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu
Ibunda Presiden Jokowi Sujiatmi Notomiharjo (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Dr.BRA.Moeryati Sudibyo saat puncak acara Rakernasus Indonesia Marketing Assosiation 2018 di The Sunan hotel, Sabtu (15/9/2018). JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA--Mooryati Soedibyo telah tutup usia di usianya yang 96 tahun pada hari ini Rabu 24 April 2024 sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Mooryati Soedibyo memiliki sejarah yang cukup panjang, karena sejak usia 3 tahun Mooryati Soedibyo telah dijadikan sumber kebudayaan Jawa.

Cucu dari Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta ini terkenal dengan kexantikannya, jamu tradisional hingga karir di dunia politik yang cukup moncer.

Selama masa hidupnya, Mooryati Soedibyo selalu mendapatkan pendidikan dan latihan kebudayaan serta tradisi Jawa seperti di antaranya pendidikan tata krama, seni tari klasik, karawitan, membatik, ngadi saliro ngadi busono, aksara Jawa kuno hingga belajar tentang meramu jamu tradisional dan kosmetik kecantikan wanita.

Ramuan jamu yang diracik oleh Mooryati Soedibyo juga sempat diekspor ke 20 negara di dunia seperti ke Rusia, Belanda, Jepang, Malaysia, Brunei hingga kawasan Timur Tengah, Afrika Selatan dan Eropa.

Kemudian pada tahun 1992, Mooryati mulai menggagas ajang Puteri Indonesia, setelah dirinya pulang dari Bangkok pada bulan Mei 1992 usai menyaksikan event internasional Miss Universe di Bangkok.

Sayangnya, Pemilihan Puteri Indonesia saat itu menjadi polemik dan tidak disetujui oleh seluruh masyarakat Indonesia pasa saat itu. Namun acara tersebut tetap berhasil digelar sebanyak 6 kali dalam 6 tahun, lalu vakum selama 3 tahun.

Mooryati Soedibyo juga sempat menjadi Wakil Ketua MPR pada tahun 2004-2009 ketika Presiden masa itu adalah Megawati Soekarnoputeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper