Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MK Putuskan Airlangga Hartarto Tak Lakukan Kecurangan pada Pemilu 2024

MK menegaskan bahwa Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tidak terbukti melakukan pelanggaran dalam Pemilu 2024.
Airlangga Hartarto memberikan keterangan dalam Sidang Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 & 2/PHPU.PRES-XXII/2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024).  Antara
Airlangga Hartarto memberikan keterangan dalam Sidang Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 & 2/PHPU.PRES-XXII/2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024). Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan bahwa Menteri Koordinator bidang Perekomian Airlangga Hartarto tidak terbukti melakukan pelanggaran dalam pemilihan umum (pemilu) 2024.

Hakim Konstitusi MK Asrul Sani menekankan bahwa dalil dari pemohon mengenai dugaan politisi bantuan sosial (bansos) kepada warga Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (14/1/2024) oleh Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu sama sekali tak terbukti.

Penyebabnya, dalam kegiatan tersebut, kata Asrul, pihak yang bersangkutan turut didampingi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk mencegah terjadinya kecurangan di agenda Hari Ulang Tahun (HUT) partai Golongan Karya (Golkar) dan pembagian sembako itu.

Adapun, dia melanjutkan bahwa Bawaslu melalui pengawasan mereka telah menyatakan tidak ditemukan adanya pelanggan pemilu selama berlangsungnya kedua kegiatan tersebut

“Kesimpulan Bawaslu yang demikian, maka Mahkamah menilai sebagai bentuk yang harus dihormati, karena jika Mahkamah mempunyai penilaian tersendiri hal tersbut harus dibuktikan lebih lanjut oleh pemohon dalam persidangan, sementara hal itu tidak dilakukan," katanya di Sidang Putusan MK, Senin (22/4).

Asrul menyebut bahwa MK telah memeriksa secara seksama terkait dengan dalil pemohon, jawaban termohon, keterangan terkait seperti bukti yang merupakan surat yang diajukan pemohon, keterangan Bawaslu, beserta bukti lain yang diajukan.

Menurutnya, meskipun dua kegiatan yang dilakukan airlangga hartarto berhimpitan waktu pelaksanaannya, tetapi pengawasan yang dilakukan bawaslu terhadap kegiatan HUT partai golar dan kegiatan pembagian sembako telah sesuai dengan tugas dan kewenangannya dalam dua jabatan yang berbeda.

Maksudnya dalam kegiatan HUT Golkar, Airlangga berposisi sebagai Ketum dari partai berlogo pohon beringin tersebut. Sedangkan, untuk agenda selanjutnya dia menjabat sebagai pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM).

“Bawaslu juga telah melakukan tindakan pencegahan untuk memastikan tidak adanya kegiatan kampanye dalam pelaksaan kegiatan Kementerian Perekonomian berupa pembagian sembako maupun tidak adanya penggunaan fasilitas pemerintah dalam kegiatan kampanye HUT partai Golkar,” katanya.

Dia menegaskan bahwa Mahkamah tidak mendapat keyakinan akan kebenaran dalil pemohon tersebut.

“Bahwa berdasarkan uraian pertimbangan hukum di atas menuruh mahkamah dalil pemohon a quo adalah tidak beralasan menurut hukum,” pungkas Asrul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper