Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Niat dan Keistimewaan Salat Tahajud Saat Bulan Ramadan

Orang yang melaksanakan salat tahajud yakni seperti dapat menurunkan gejala depresi.
Umat muslim mengikuti salat tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta. Bisnis
Umat muslim mengikuti salat tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Salat tahajud menjadi salah satu amalan ibadah sunnah yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadan, banyak keistimewaan yang diberikan apabila melaksanakannya.

Pada bulan Ramadan umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah karena akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda, tidak terkecuali ketika melaksanakan salat tahajud.

Dilansir dari jatim.nu.or.id dan muslimink.com, Selasa (2/4/2024), ulama Syafi'iyah mengatakan bahwa mengerjakan salat tahajud hukumnya sunnah bagi umat Islam akan tetapi sebagian ulama berpendapat bahwa salat tahajud merupakan wajib bagi Rasulullah.

Allah swt berfirman

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji (QS. Al-Isra: 79).

Rasulullah saw bersabda

يَنْزِلُ رَبُّنَا، تَبَارَكَ وَتَعَالَى، كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ، فَيَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ؟ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ


Artinya:
Tuhan kita, Allah tabaraka wa ta’ala ‘turun’ setiap malam ke langit dunia di saat sepertiga malam akhir. Kemudian Allah berfirman: Barang siapa berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Barang siapa meminta kepada-Ku, akan Aku kasih. Barang siapa meminta ampun kepada-Ku, akan Aku beri ampunan. (Muttafaq ‘alaih).

Banyak sekali manfaat yang diberikan apabila melaksanakan salat tahajud yakni seperti dapat menurunkan gejala depresi. Penelitian menemukan bahwa umat islam yang mengalami gangguan depresi mampu meredakan gejalanya dengan lebih baik melalui doa.

Niat untuk melaksanakan salat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Simak berikut ini keistimewaan salat tahajud saat bulan Ramadan

1. Salat paling utama setelah salat lima waktu

Umat islam wajib melaksanakan salat lima waktu yang dimulai dari salat subuh dan diakhiri dengan salat isya. Namun adapun salat yang tidak kalah utama dari salat lima waktu yakni salat tahajud.

Rasulullah saw bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya:
Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam. (HR Muslim)

2. Memiliki keutamaan dibandingkan salat siang

Orang yang melaksanakan salat malam atau salat tahajud akan mendapatkan keutamaan yang tidak didapatkan saat salat siang yakni seperti orang yang melakukan sedekah secara rahasia dibandingkan yang melakukannya secara terang-terangan dengan perbandingan selisih antara keduanya yaitu 70 kali lipat.

Rasulullah saw bersabda

فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ

Artinya
Keutamaan shalat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan. (Hilyatul Auliya’, juz 4, halaman: 167).

3. Orang yang shalih

Ibadah salat tahajud berbeda dengan ibadah lainnya karena ibadah ini hanya mampu dikerjakan orang yang shalih tidak seperti sedekah yang dapat dilakukan siapa saja tanpa terkecuali.

Salat tahajud dikatakan hanya orang shalih saja yang mampu melaksanakannya karena ibadah ini mempunyai tantangan yang berbeda dengan ibadah lainnya yakni orang yang melakukannya harus mampu melawan rasa ngantuk dan godaan lain untuk melaksanakan salat.

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

Artinya:
Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan (At-Tirmidzi: 3549).

4. Menjadi hamba yang dibanggakan Allah

Banyak sekali keistimewaan yang diberikan bagi orang yang melaksanakan salat tahajud salah satunya yakni akan dibanggakan Allah kepada para malaikatnya

Dalam sebuah atsar disebutkan:

إن الله يعجب من العبد إذا قام من على فراشه وبين أهله إلى صلاته ويباهى به ملائكته ويقبل عليه بوجهه الكريم

Artinya:
Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju shalat dan Allah menerima hamba tersebut (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], halaman: 40-41).

5. Doa akan dikabulkan oleh Allah

Keistimewaan salat tahajud dibandingkan salat lainnya yakni lebih mudah terkabulnya doa yang dipanjatkan karena pada sepertiga malam Allah dan malaikat turun langsung kebumi untuk mendengarkan setiap permohonan yang diucapkan dalam doa salat tahajud.

Rasulullah saw bersabda

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya:
Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam (HR Muslim).

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper