Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obama Tiba-tiba Bertemu PM Inggris Secara Tertutup, Bahas Apa?

Obama membuat banyak pihak terkejut dengan kunjungan mendadaknya di kediaman PM Inggris.
Barack Obama/Reuters
Barack Obama/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama terlihat mengadan pertemuan tertutup dengan Perdana Menteri (PM) Inggris pada Senin, 18 Maret 2024.

Pertemuan dengan Rishi Sunak itu berlangsung secara informal di kediaman sang PM di Downing St, kata pejabat Downing Street mengkonfirmasi kepada The Hill.


Obama dan Sunak bertemu Senin sore, di mana mereka membahas berbagai masalah, termasuk urusan internasional dan kecerdasan buatan (AI).

Juru bicara itu mengatakan pertemuan itu adalah bagian dari kunjungan Obama ke London dengan Obama Foundation, organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2014 oleh mantan presiden dan istrinya, mantan ibu negara Michelle Obama.


Mantan presiden dapat dilihat di video dari BBC News pada Senin sore, berjalan ke kantor perdana menteri Downing Street dan melambai pada wartawan sebelum melangkah masuk.

Adapun Sky News melaporkan Obama tiba sekitar jam 3 sore. waktu setempat Senin dan pergi sekitar satu jam kemudian.

Kunjungan kejutan itu terjadi setelah Obama berbicara di sebuah festival teknologi di Belgia selama akhir pekan dan berhenti di Kastil Laeken untuk melihat Raja Philippe dari Belgia dan Putri Elisabeth, Duchess of Brabant.

Obama tidak memposting tentang kunjungan itu, meskipun Istana Kerajaan Belgia memposting foto mantan presiden dengan putri dan raja.


Sebelumnya, Obama melakukan perjalanan ke Downing Street beberapa kali selama masa kepresidenannya selama dua periode, serta di sepanjang jalur kampanye pada tahun 2008.

Kunjungan terakhir Obama ke Downing Street adalah pada April 2016, sebelum referendum Brexit.


Selama kunjungan itu, mantan presiden mengatakan Inggris akan pergi ke "belakang antrian" dalam menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan AS jika meninggalkan Uni Eropa, POLITICO EU melaporkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper