Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Prabowo Bayar Zakat Fitrah ke Baznas di Istana Negara

Jokowi, Ma'ruf Amin dan Prabowo membayar zakat fitrah ke Baznas di Istana Negara
Jokowi, Ma'ruf Amin dan Prabowo Bayar Zakat Fitrah ke Baznas di Istana Negara / Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa
Jokowi, Ma'ruf Amin dan Prabowo Bayar Zakat Fitrah ke Baznas di Istana Negara / Badan Amil Zakat Nasional/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju melakukan pembayaran zakat fitrah pada Rabu (13/3/2024). 

Para pejabat tersebut melakukan pembayaran zakat fitrah kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta. 

Adapun dalam momen kebersamaan tersebut, pembayaran zakat fitrah para pejabat terkait dilakukan sesuai tata cara yang dituntun Baznas.

"Saya berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahiq dan ketentraman pada muzakki,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap zakat yang telah dikeluarkan dapat menyempurnakan ibadah Ramadan, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Sementara itu, Ketua Baznas RI, Noor Achmad, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin atas dukungannya dalam mendorong gerakan cinta zakat di Indonesia sehingga pengumpulan zakat secara kuantitas dan kualitas tumbuh dengan baik.

“Pada tahun 2023, total pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya [ZIS DKSL] Nasional tercatat mencapai Rp32 triliun rupiah yang artinya meningkat cukup besar dari tahun sebelumnya sebesar 43,74%,” kata Noor. 

Noor mengatakan Gerakan Cinta Zakat juga telah banyak diikuti oleh banyak gubernur serta bupati dan walikota di seluruh Indonesia. 

Adapun dia menjelaskan bahwa di Baznas Pusat tercatat pengumpulannya tumbuh sebesar 39,08% pada tahun 2023 terkumpul sebesar Rp881 miliar. 

Dalam hal penyaluran zakat, Noor melanjutkan, Baznas telah melakukan aktivitas penyaluran zakat sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan masyarakat. 

Secara nasional total penyaluran ZIS-DSKL mencapai Rp31 triliun rupiah dimana nilai ini tumbuh sebesar 43,78% secara year-on-year. 

“Untuk Baznas Pusat sendiri pada tahun 2023 penyaluran zakat mencapai Rp675 miliar atau tumbuh sebesar 15,48%. Penyaluran yang dilakukan Baznas pusat berfokus pada kegiatan beasiswa dan pendidikan, ekonomi dan bantuan sosial kemanusiaan,” ucapnya. 

Adapun acara tersebut turut diserahkan program nasional dari Baznas RI, yaitu Rumah Sehat Baznas, Rumah Layak Huni Baznas (RLHB), Beasiswa Cendekia Baznas, Santripreneur, dan Baznas Tanggap Bencana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper