Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Bersih Sampah di Hari Peduli Sampah Nasional

Sungai Ciliwung dan Sunter dibersihkan dari sampah dalam rangka hari peduli sampah nasional
aksi bersih sampah
aksi bersih sampah

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat sekitar 17,7 juta ton sampah per tahun di 123 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun 2023.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyatakan bahwa timbulan sampah di Indonesia mencapai 13,52 juta ton pada tahun 2023.

Sementara itu, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan sampah terbanyak (3,1 juta ton), dengan sampah plastik yang menempati urutan ketiga dengan persentase 19.18%, setelah kayu atau ranting dan sisa makanan.

Padahal, sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan seperti banjir, sehingga perlu adanya upaya serius dalam penanganan sampah plastik demi lingkungan yang lebih baik.

Sementara itu, total sampah yang belum terkelola sebanyak 5,8 juta ton atau setara dengan 33,1% dari timbulan sampah yang ada.

Menyambut hari peduli sampah nasional 2024, dua sungai di Jakarta yakni sungai Ciliwung dan Sunter dibersihkan sampahnya.

Pertama, sungai Ciliwung dibersihkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan Komunitas Ciliwung Depok.

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, ASDP bersama dengan komunitas Ciliwung berhasil mengumpulkan sebanyak 1.214,5 kg atau sama dengan 114 kantong yg dilakukan selama kurang lebih 45 menit. Para volunteer yang merupakan Ferizyan tersebut juga turut berkontribusi dalam tiap program TJSL guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan Bebenah Ciliwung ini merupakan salah satu giat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai wujud kepedulian ASDP terhadap lingkungan melalui penanggulangan sampah.

”Bagi kami, HPSN bukan hanya peringatan tahunan semata namun juga sebagai momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” tuturnya.

Kegiatan memperingati HPSN meliputi pembersihan Sungai Ciliwung, kampanye bebas sampah, dan pelepasan ikan khas Ciliwung.

Sementara itu, kelompok anak dan orang muda - Child Campaigner Save the Children Indonesia di Jakarta menginisiasi aksi bersih dan pilah sampah di Kelurahan Sunter Jaya dan Kelurahan Sunter Agung.

Aksi ini merupakan bagian dari gerakan #CerdasPilahPlastik Program Ekonomi Sirkular sebagai bagian dari program bernama “Hyundai Continue” yang bermitra dengan Hyundai Motor Company, dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik dan mempromosikan praktik pemilahan dan daur ulang sampah plastik di Jakarta.

“Kami berharap aksi #CerdasPilahPlastik, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan dampaknya ke depan, terutama pada anak-anak”, jelas Dewi Sri Sumanah, Media & Brand Manager – Save the Children Indonesia.

Program Ekonomi Sirkular juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta serta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. 

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati karena tragedi longsornya TPA Leuwigajah yang menyebabkan korban jiwa akibat sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Sejak desember 2023, sebanyak 65 dropbox telah dipasang di area publik seperti perumahan, tempat makan, area olahraga agar masyarakat dapat melakukan praktik pemilahan sampah plastik di level rumah tangga. Gerakan yang dipimpin oleh anak-anak di 20 sekolah dan 4 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) telah mengumpulkan sampah plastik sebanyak 3,359 kilogram atau 179.675 botol sampah plastik dari dropbox #CerdasPilahPlastik sejak Agustus 2022.
Data dari agustus 2022 s.d feb 2024

Dia memaparkan, aksi ini memiliki ambisi untuk menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya isu lingkungan. Dengan kolaborasi semua pihak, termasuk masyarakat, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak sampah dan menerapkan gaya hidup zero waste serta lebih peduli terhadap sekitar untuk lingkungan yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper