Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSI Alami Lonjakan Drastis Perolehan Suara, Begini Respons Jokowi

Hasil real count Pemilu 2024 KPU menunjukkan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus meningkat dan telah mencapai 3,13% pada pukul 10.00 WIB pagi ini.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan berkomentar terkait lonjakan kenaikan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang telah menembus angka 3% sejak pekan lalu.

Saat ditanyakan mengenai pendapatnya atas kenaikan yang signifikan dari partai yang dinakhodai oleh putra bungsunya Kaesang Pangarep, orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar pertanyaan tersebut ditanyakan kepada pihak yang bersangkutan.

“Itu urusan partai, tanyakan ke partai,” katanya kepada wartawan saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Senin (4/2/2024).

Mengacu data KPU, hasil real count Pemilu 2024 KPU menunjukkan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus meningkat dan telah mencapai 3,13% pada pukul 10.00 WIB pagi ini.

Adapun berdasarkan catatan Bisnis, partai PSI mengalami peningkatan suara sebesar 72.441 pada akhir pekan lalu, khususnya dalam kisaran waktu 17 jam yakni antara Jumat (1/3/2024) hingga Sabtu pagi.

Pada Jumat sore, perolehan suara PSI baru mencapai 2.319.968 atau sekitar 3,03%, sedangkan pada Sabtu pagi telah mencapai 3,12% dengan peningkatan hingga 72.441 suara.

Dengan demikian, PSI hanya membutuhkan kurang dari satu persen suara untuk dapat mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4%. Jika berhasil mencapai ambang batas, maka untuk pertama kalinya, PSI dapat menduduki kursi DPR RI di Senayan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menilai wajar adanya penambahan suara PSI saat KPU melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024. Oleh karena itu, dia mengingatkan semua pihak agar tidak tendensius dalam menyikapi penambahan suara untuk PSI. 

“Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace Natalie dalam siaran resmi PSI di Jakarta, Sabtu (2/3/2024). 

Dia menambahkan berbagai kemungkinan masih dapat terjadi selama KPU masih merekapitulasi suara para pemilih dalam Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper