Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Bisa Hadir Langsung, SBY Nonton Pelantikan AHY di Cikeas

SBY tak hadir dalam pelantikan anaknya AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN lantaran baru sampai di kediamannya pada hari ini.
Ilustrasi - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY menyampaikan pernyataan, Jumat (1/9/2023)./Bisnis-Nancy Junita
Ilustrasi - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY menyampaikan pernyataan, Jumat (1/9/2023)./Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut menyaksikan pelantikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Rabu (21/2/2024). 

SBY terlihat menyaksikan pelantikan putra sulungnya itu dari kediamannya di Cikeas, Jawa Barat. Berdasarkan unggahan pemilik akun @KIBCentre di X, SBY terlihat duduk menyaksikan pelantikan AHY di Istana Kepresidenan melalui siaran televisi. 

"Bapak SBY turut menyaksikan pelantikan Mas AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN RI dari kediaman di Cikeas," demikian tulis akun @KIBCentre. 

Dalam video tersebut, SBY terlihat menggunakan kaos kerah dan celana panjang sambil duduk di sofa. Dia menyaksikan momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh AHY maupun Hadi Tjahjanto, yang hari ini dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang baru. 

Adapun reshuffle kabinet dilakukan Presiden Jokowi usai jabatan Menko Polhukam ditinggalkan Mahfud Md yang mengundurkan diri pada awal Februari 2024 untuk fokus kampanye sebagai calon wakil presiden 2024. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi saat memimpin sumpah jabatan menteri.

Setelah pelantikan, Jokowi menyampaikan kepada wartawan mengenai alasannya memilih AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Menurutnya, AHY merupakan sosok yang paling siap mengembang amanah tersebut. 

"Kita tahu beliau ini Ketua Umum Partai Demokrat. Beliau juga alumni akademi militer, Akmil. Pendidikan di Nanyang university, Harvard university, di Webster University, saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen saya kira beliau sangat siap," ujarnya di Istana Kepresidenan.


SBY TAK HADIR

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Ossy Dermawan sebelumnya telah mengungkapkan bahwa SBY tak hadir dalam pelantikan anaknya AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Pasalnya, beliau baru sampai di kediamannya pada hari ini.  

“Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Ossy dalam keteranganya, Rabu (21/2/2024).

Ossy menyampaikan bahwa SBY sudah mendoakan dan memberikan restu kepada AHY dalam menjalankan tugas negara sebagai Menteri ATR/BPN. 

Sekretaris Pribadi Presiden RI Ke-6 ini puh menyebut, meski SBY tidak hadir pada pelantikan tadi. Tapi, keduanya sudah bertemu pada malam sebelumnya.  

“Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper