Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Kampanye Akbar, Wapres Maruf: Patuhi Pakta Integritas!

Wapres menekankan agar semua saling bahu membahu dan berupaya mewujudkan Pemilu damai dan riang gembira yang telah disepakati.
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin /JIBI/Bisnis-Akbar Evandio
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin /JIBI/Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengimbau bahwa setiap pihak terkait mulai dari penyelenggara, petugas keamanan, masyarakat, hingga para kontestan pemiihan umum (pemilu) 2024 untuk mematuhi pakta integritas.

Orang nomor dua di Indonesia itu menekankan agar semua saling bahu membahu dan berupaya mewujudkan Pemilu damai dan riang gembira yang telah disepakati.

Apalagi, awal pekan depan, proses pemilu 2024 akan memasuki tahapan kampanye akbar atau juga disebut kampanye rapat umum. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 78 Tahun 2024, jadwal kampanye akbar akan berlangsung mulai 21 Januari hingga 7 Februari 2024.

“Saya harap, kita kan sudah sama-sama punya kesepakatan, fakta integritas, bahwa semua akan berjalan dengan damai, dengan riang gembira di dalam berkontestasi,” ujarnya dikutip melalui laman Youtube Sekretariat Wapres, Sabtu (20/1/2024).

Lebih lanjut, Wapres Ke-13 RI itu mengingatkan khususnya kepada para kontestan yang akan mengerahkan massa dalam jumlah besar dalam kampanye akbar, agar mempersiapkan penjagaan massanya secara maksimal.

Hal ini untuk menghindari adanya berbagai tindakan anarkis yang dapat memicu kerusuhan.

“Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada saling mengejek. Itu bisa saja kan, mereka yang sedang mengadakan [kampanye] dicegat oleh mereka [massa] lain, sehingga terjadi konflik,” paparnya.

Oleh sebab itu, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu kembali mengajak seluruh pihak terkait untuk terus memberikan pengertian dan mengedukasi masyarakat agar tertib saat berkampanye.

“Ini saya kira kalau semua punya komitmen untuk menjaga, insya Allah itu [konflik terbuka] tidak akan terjadi. Dari para kontestannya, dari aparat keamanannya, [dan] dari semua yang terlibat,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper