Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Menarik Pemilu Israel: Publik Kini Lebih Pilih Benny Gantz Ketimbang Netanhayu

Publik Israel kini memilih beralih mendukung Benny Gantz ketimbang PM Benjamin Netanyahu jelang Pemilu dalam waktu dekat.
Benny Gantz/Reuters
Benny Gantz/Reuters

Profil Benny Gantz

Benny Gantz adalah politikus senior asal Israel yang lahir pada Juni 1959. Dia merupakan pensiunan jenderal angkatan darat yang menjabat sebagai Menteri tanpa portofolio sejak tahun 2023.

Gantz juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan yakni antara tahun 2020 dan 2022 dan sebagai wakil perdana menteri Israel antara tahun 2021 dan 2022. Dari tahun 2020 hingga 2021, ia adalah perdana menteri pengganti Israel.

Gantz pernah menjabat sebagai Kepala Staf Umum Angkatan Pertahanan Israel (IDF) ke-20 dari tahun 2011 hingga 2015.

Pada bulan Desember 2018, ia memasuki dunia politik dengan mendirikan partai politik baru bernama Ketahanan Israel.

Partai tersebut kemudian bersekutu dengan Telem dan Yesh Atid untuk membentuk Biru dan Putih yang merupakan warna bendera nasional Israel.

Pada tahun 2022, Gantz menjadi pemimpin Persatuan Nasional , yang terdiri dari Partai Ketahanan Israel dan Harapan Baru.

Gantz adalah Ketua Knesset ke-17 dari 26 Maret 2020 hingga 17 Mei 2020. Pada 20 April 2020, Gantz setuju untuk bergabung dalam pemerintahan bergilir dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, Gantz akan menjabat sebagai Perdana Menteri Alternatif dan Menteri Pertahanan, sebelum menggantikan Netanyahu sebagai Perdana Menteri Israel pada November 2021.

Namun, koalisi tersebut runtuh, mengakibatkan pemilihan umum lagi pada tahun 2021. Sebagai menteri pertahanan, Gantz bertanggung jawab atas Operasi Penjaga Tembok di Gaza.

Pada Juni 2021, ia diangkat kembali menjadi Menteri Pertahanan dan menjadi Wakil Perdana Menteri di pemerintahan baru Bennett-Lapid dan menjabat dalam peran tersebut hingga Desember 2022.

Pada 12 Oktober 2023, setelah pecahnya perang Israel-Hamas tahun 2023, Partai Persatuan Nasional mengumumkan akan membentuk kabinet perang Israel dengan Likud.

Gantz diangkat sebagai Menteri tanpa portofolio di pemerintahan ke Tiga Puluh Tujuh yang dipimpin oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper