Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies ke Prabowo: Separuh Prajurit Tak Ada Rumah, Menterinya Punya Ratusan Ribu Lahan

Anies Baswedan menyindir kepemilikan lahan Prabowo yang mencapai ratusan ribu hektare sementara banyak prajurit belum punya rumah.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD  sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, tampil menyerang dalam ajang debat ketiga Capres 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyindir kebijakan capres Prabowo Subianto saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Anies menyindir ada pembobolan teknologi di Kemenhan, padahal lembaga tersebut menelan anggaran sebesar Rp700 triliun semenjak Prabowo menjabat. "Ironisnya Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker pada 2023, sebuah ironi," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya ingin mengembalikan fungsi pertahanan agar dana Rp700 triliun bermanfaat, bukan digunakan untuk membeli alat pertahanan sistem keamanan (alusista) bekas.

Anies pun menyindir separuh dari tentara tidak memiliki rumah dinas, sedangkan menterinya memiliki lahan ratusan ribu hektare. 

"Di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya, menurut Pak Jokowi punya lebih dari 340 hektare tanah di republik ini," katanya.

Prabowo sempat mengkritik data yang disampaikan oleh Anies. Kemudian, Anies meralat bahwa lahan yang dimiliki seluas 340.000 hektare. 

Seperti diketahui, Anies mengutip penyataan Jokowi dalam debat capres pada 17 Februari 2019 berhadapan dengan Prabowo. Pada debat itu, Jokowi menyinggung kekayaan Prabowo yang memiliki lahan ratusan ribu hektare. 

"Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220.000 hektare," ungkapnya dalam debat capres lima tahun lalu.

Selain itu, Jokowi menyebutkan bahwa Prabowo memiliki lahan seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan untuk menanggapi pernyataan Prabowo yang menyoroti lahan di Indonesia yang tidak bertambah. Padahaljumlah penduduk terus meningkat.

"Pada saatnya kita tidak punya lahan lagi untuk kita bagi. Bagaimana masa depan anak cucu kita," kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper