Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Masih Ingin Proyek Tol Langit Rampung

Jokowi kembali menegaskan untuk mewujudkan visinya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mengenai pembangunan tol langit
Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Masih Ingin Proyek Tol Langit Rampung. Presiden Jokowi menggunakan dasi kuning/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Masih Ingin Proyek Tol Langit Rampung. Presiden Jokowi menggunakan dasi kuning/Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan untuk mewujudkan visi yang digembar-gemborkan olehnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mengenai pembangunan tol langit. Orang nomor satu di Indonesia itu pun memberikan gestur agar tol langit tak hanya menjadi dongeng indah di masa kampanye.

Penyebabnya, dia menegaskan pemerintah terus gencar membangun infrastruktur untuk mendukung konektivitas selama 9 tahun terakhir. Mulai di darat dan laut, hingga membangun infrastruktur udara atau tol langit.

Hal ini dia sampaikan saat meresmikan pengoperasian sinyal BTS 4G BAKTI dan akses internet di desa 3T serta pengoperasian integrasi Satelit Satria-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

"Kami juga bangun tol langit agar seluruh lapisan masyarakat memiliki akses yang setara ke dunia digital," ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Meski begitu, dia mengamini bahwa salah satu infrastruktur tol langit, yakni proyek menara telekomunikasi (Base Transceiver Station) BTS 4G Bakti Kominfo sempat mengalami kendala, sebab proyek tersebut dikorupsi. Namun, saat ini proses hukum tengah berjalan.

Oleh sebab itu, Kepala Negara mengaku sempat meminta kepada aparat, baik Kepolisian, Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar menindak tegas semua pelanggaran hukum.

"Saat itu saya sampaikan kepada Jaksa Agung, Pak masalahanya tolong di selesaikan di wilayah hukum yang korupsi tapi masalah pembangunan ini jangan sampa berhenti," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku bahwa saat itu pak Jaksa Agung menyatakan kesiapannya untuk mendampingi kasus yang menjerat mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate itu baik secara administrasi hukum, administrasi prosedur, dan administrasi yang lainnya.

Harapannya, Jokowi mengatakan apabila proses hukum berjalan dengan baik maka institusi terkait seperti Kemkominfo juga dapat bekerja sesuai arah lantaran memiliki rasa percaya diri kembali.

“Dan buktinya setelah dikejar 4 bulan lebih sedikit juga bisa diselesaikan masalah-masalah yang ada, padahal menyangkut jumlah yang tidak sedikit. Ini kembali, ini untuk kepentingan masyarakat jangan sampai ada masalah hukum proyeknya dihentikan, proses hukumnya dilakukan,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, tol langit merupakan proyek jaringan serat optik yang mengupayakan pemerataan kualitas internet di seluruh wilayah Indonesia dengan kualitas yang merata, tanpa adanya kesenjangan.

Tol langit merupakan istilah dari proyek Palapa Ring yang di dalamnya terdapat penggunaan satelit yang bertujuan untuk menghubungkan broadband dan sebagainya. Infrastruktur udara itu juga ditujukan untuk menyediakan internet dengan kecepatan tinggi dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper