Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Ini Arti SGIE yang Bikin Cak Imin Gelagapan saat Ditanya Gibran

Berikut arti dari State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang bikin Cak Imin gelagapan saat ditanya Gibran saat Debat Cawapres 2024.
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran

Bisnis.com, JAKARTA – State of the Global Islamic Economy (SGIE) mendadak menjadi trending topic lantaran disinggung dalam Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023) kemarin.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka sempat menanyakan perihal SGIE ke cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanya kepada Cak Imin perihal cara mengerek peringkat Indonesia di SGIE.

“Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikin peringkat Indonesia di SGIE?” tanya Gibran.

Namun, usai mendengarkan pertanyaan tersebut, Cak Imin balik bertanya arti SGIE yang dilontarkan oleh Gibran. 

“Terus terang SGIE saya kurang paham, SGIE itu apa?” kata Ketua Umum PKB ini.

Gibran kemudian menjelaskan kepada Cak Imin tentang maksud pertanyaannya. Tak hanya itu, Wali Kota Surakarta itu pun berkoar dengan meminta maaf kepada Cak Imin jika pertanyaannya menyulitkan.

“Mohon maaf kalau pertanyaanya agak sulit ya Gus [Muhaimin], makasih,” tuturnya.

Definisi State of the Global Islamic Economy (SGIE) 

SGIE, merupakan kependekan dari State of the Global Islamic Economy. SGIE adalah bagian dari laporan perihal indikator ekonomi Islam global yang dirilis oleh DinarStandard, lembaga kajian internasional yang fokus pada ekonomi syariah di dunia.

Laporan tersebut diperkenalkan pertama kali pada 2013, dan kerap dirujuk sebagai referensi perkembangan ekonomi syariah global.

Melansir situs resmi DinarStandard pada Sabtu (23/12/2023), laporan SGIE mencakup sektor keuangan Islam, makanan dan minuman halal, kosmetik halal, obat-obatan halal, pariwisata ramah Muslim, fesyen, serta media dan rekreasi bertema Islam.

Setidaknya terdapat 81 negara yang terdata dalam indikator ekonomi Islam global. Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar, Indonesia termasuk diperhitungkan dalam perekonomian Islam di dunia.

Dalam paparan SGIE Report 2022 yang dirilis DinarStandard, Indonesia berada di posisi keempat dunia dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah. 

Produk makanan halal (halal food) Indonesia juga berada di peringkat dua dunia. SGIE Report 2022 menunjukkan kemajuan Indonesia dalam inovasi di beberapa aspek ekonomi syariah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper