Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Cek BLT El Nino Rp400.000 Desember 2023, sudah Diimbau Pemerintah

Pemerintah Indonesia menginstruksikan agar masyarakat cek penerima BLT El Nino sekarang.
Tampilan aplikasi Cek Bansos untuk mengecek penerima BLT BBM Rp600.000/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani
Tampilan aplikasi Cek Bansos untuk mengecek penerima BLT BBM Rp600.000/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menginstruksikan agar masyarakat cek penerima BLT El Nino sekarang. Instruksi tersebiut disampaikan di situs resmi negara Indonesia.go.id pada Rabu, 20 Desember 2023.

Dalam instruksi di situs itu, pemerintah telah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terdampak fenomena El Nino. Pemberian BLT diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp400.000.

Program bantuan itu berlangsung selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember. Penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. 

Khusus penerima BLT, pemerintah menetapkan penerima BLT ialah Rp18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yakni penerima sembako.

Sedangkan, penerima bantuan beras ialah 21,3 juta KPM, yang terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau penerima bantuan sembako.

Artinya, para penerima bantuan sembako memperoleh kedua bantuan, baik BLT maupun bantuan beras. Program BLT akan diberikan kepada masyarakat melalui Kementerian Sosial, sedangkan program bantuan beras akan diberikan oleh Badan Pangan Nasional.

Penyaluran BLT El Nino 2023 akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Cara cek BLT El Nino pemerintah:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  • Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP).
  • Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
  • Setelah itu, klik "cari data".
  • Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  • Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus "ya".
  • Bila penerima manfaat belum memiliki "aplikasi cek bansos". Pilih "buat akun baru" dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor KK, NIK, dan alamat sesuai KTP. Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP.
  • Kemudian klik "buat akun baru". Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos. Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.
  • Login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.
  • Pilih menu "cek bansos" dan lengkapi data sesuai KTP.
  • Selanjutnya, klik "cari data". Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper