Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD Siap Ikut Debat Cawapres Jelang Pilpres 2024

Mahfud MD mengaku siap debat cawapres maupun bersama capres yang digelar KPU di masa tahapan Pemilu Pilpres 2024.
Mahfud MD dan istrinya, Zaizatun Nihayati
Mahfud MD dan istrinya, Zaizatun Nihayati

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD memastikan diri siap mengikuti debat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang Pilpres 2024.

Mahfud MD menuturkan tidak mempermasalahkan apabila tidak ada sesi debat khusus bagi calon wakil presiden yang digelar KPU di masa tahapan Pemilu 2024.

Pasangan dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo ini menyatakan siap untuk mengikuti debat yang khusus diadakan antar Cawapres maupun debat yang dilakukan bersama dengan Capres.

"Saya siap debat khusus [cawapres] maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap," katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/12/2023).

Sebelumnya, KPU sudah memperbarui jadwal debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pilpres 2024.

Debat capres-cawapres akan dilakukan selama lima kali dengan rincian dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024, dan satu kali pada Februari 2024.

"Debat pertama tanggal 12 Desember 2023; debat kedua tanggal 22 Desember 2023; debat ketiga tanggal 7 Januari 2024; debat keempat tanggal 21 Januari 2024; dan debat kelima tanggal 4 Februari 2024," jelas Anggota KPU RI, August Mellaz pada Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut, dia memastikan semua debat itu dilaksanakan di Jakarta.

Di sisi lain, KPU mengundang berbagai kalangan masyarakat untuk menentukan metode hingga topik debat. Pihak-pihak yang diundang nantinya berasal dari akademisi, pemerintah, jurnalis, hingga non-governmental organization (NGO). 

"Dua hal yang dibahas dalam Undang-undang pemilu yaitu topik besar yang akan menjadi bahan debat. Detail-detailnya akan dibahas. Kedua, dibahas metode debat seperti apa dan durasinya," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper