Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 Golden Days Dorong Pelajar SMK Siap Masuk Pasar Kerja

Kegiatan bermaterikan pelatihan bahasa Inggris, public speaking serta pengunaan template aplikasi bisnis pada VFS selama tiga bulan.
Pentingnya soft skill/Counslinebk.smkn27jkt.sch.id
Pentingnya soft skill/Counslinebk.smkn27jkt.sch.id

Bisnis.com, JAKARTA- Kemampuan berbahasa asing menjadi kunci pengembangan karier generasi muda. Hal itulah yang mendorong Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat dari India, dan didukung oleh VFS Global, menyelenggarakan program "100 Golden Days".

Kegiatan bermaterikan pelatihan bahasa Inggris, public speaking serta pengunaan template aplikasi bisnis pada VFS selama tiga bulan, diikuti oleh 250 siswa sekolah kejutuan se-Jakarta. Program vokasi gratis ini bertujuan meningkatkan peluang bagi peserta dalam mendapatkan pekerjaan serta menciptakan pekerjaan seusai lulus kuliah.

"Para pelajar tidak hanya memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi juga diharapkan mampu memiliki peluang ekonomi dengan menciptakan pekerjaan di tengah kondisi ketidaksetaraan yang ada, kata Direktur Eksekutif YMMI, Gino, dalam peluncuran program di SMK PB Sudirman 2, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Dia melanjutkan, kolaborasi antara YMMI, Friends Union for Energizing Lives dari India dan VFS Global, perusahaan jasa pengurusan visa, ingin memberikan jembatan bagi para peserta, berupa kemampuan bahasa Inggris yang akan mengantarkan mereka berkarya di dalam maupun luar negeri.

Adapun kriteria peserta program ini adalah berusia di rentang 15-18 tahun dalam pelaksanaan program selama tiga bulan. Nantinya tiga lulusan terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk magang di VFS Global, juga selama tiga bulan.

"Setelah magang, maka akan dipilih tiga peserta terbaik untuk bekerja sebagai staf junior di entitas tersebut, selama tiga bulan masa percobaan. Jika VFS Global melihat bahwa mereka bagus dan siap bekerja sebagai staf tetap maka akan dikontrak secara dengan upah minimum Jakarta," ulasnya.

"Dengan mempersiapkan tenaga kerja VFS Global dalam 100 hari yang siap bekerja dengan penghasilan sesuai upah regional, kami telah sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indonssia sebagai negara maju pada 2045," ucap Kaushik Ghosh, Kepala VFS Global wilayah Auatralia dan Asia.

Dia juga mengatakan bahwa VFS Global memastikan keberlanjutan program ini di masa yang akan datang untuk mencetak lebih banyak lagi generasi muda yang memiliki kemampuan berbahasa asing serta public speaking. Pasalnya, kemampuan itu ia nilai merupakan kunci pengembangan karier bagi kaum muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper