Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Lancarkan Serangan Darat dan Udara, Jalur Komunikasi Gaza Terputus

Israelmelumpuhkan internet dan komunikasi di Jalur Gaza dalam pengeboman pada Jumat malam.
Sebuah ledakan terlihat di perbatasan Israel-Gaza, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dilihat dari pihak Israel, 27 Oktober 2023. REUTERS
Sebuah ledakan terlihat di perbatasan Israel-Gaza, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dilihat dari pihak Israel, 27 Oktober 2023. REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Israelmelumpuhkan internet dan komunikasi di Jalur Gaza dalam pengeboman pada Jumat (27/10/2023) malam, yang sebagian besar memutus 2,3 juta penduduknya dari kontak satu sama lain dan dunia luar.

Serangan Israel membuat pemadaman informasi, ketika militer mengatakan bahwa mereka "memperluas" operasi darat di wilayah tersebut.

Pengumuman militer tersebut mengisyaratkan bahwa mereka semakin dekat dengan invasi habis-habisan ke Gaza, di mana mereka telah bersumpah untuk menghancurkan kelompok militan Hamas yang berkuasa setelah serangan berdarah di Israel selatan tiga minggu lalu.

Ledakan-ledakan dari serangan udara yang terus menerus menerangi langit Kota Gaza selama berjam-jam setelah malam tiba. Penyedia layanan telekomunikasi Palestina, Paltel, mengatakan bahwa pengeboman tersebut menyebabkan "gangguan total" pada layanan internet, seluler dan telepon rumah.

Terputusnya layanan ini menyebabkan korban jiwa akibat serangan dan rincian serangan darat tidak dapat segera diketahui. Beberapa telepon satelit tetap berfungsi.

Sudah terjerumus ke dalam kegelapan setelah sebagian besar listrik terputus beberapa minggu yang lalu, warga Palestina terlempar ke dalam isolasi, berkerumun di rumah-rumah dan tempat penampungan dengan persediaan makanan dan air yang semakin menipis.

Kerabat di luar Gaza panik setelah obrolan pesan mereka dengan keluarga di dalam rumah tiba-tiba terputus dan panggilan telepon tidak bisa dilakukan.

"Saya sangat takut hal ini akan terjadi," kata Wafaa Abdul Rahman, direktur sebuah organisasi feminis yang berbasis di kota Ramallah, Tepi Barat, mengutip Apnews. Ia mengatakan bahwa ia sudah berjam-jam tidak mendengar kabar dari keluarganya di pusat kota Gaza.

"Kami telah melihat hal-hal mengerikan dan pembantaian ketika disiarkan langsung di TV, jadi sekarang apa yang akan terjadi ketika terjadi pemadaman total?" katanya, mengacu pada adegan keluarga yang telah hancur di rumah-rumah akibat serangan udara selama beberapa minggu terakhir.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan bahwa pasukan darat "memperluas aktivitas mereka" pada Jumat malam di Gaza dan "bertindak dengan kekuatan besar... untuk mencapai tujuan perang."

Israel mengatakan bahwa serangannya menargetkan para pejuang dan infrastruktur Hamas dan bahwa para militan beroperasi di antara warga sipil, menempatkan mereka dalam bahaya.

Pusat media Hamas melaporkan bentrokan besar pada malam hari dengan pasukan Israel di beberapa tempat, termasuk apa yang dikatakannya sebagai serangan Israel di sebelah timur kamp pengungsi Bureij di Jalur Gaza tengah.

Ditanya mengenai laporan tersebut, militer Israel menegaskan kembali pada Sabtu pagi bahwa mereka telah melakukan serangan yang ditargetkan dan memperluas serangan dengan tujuan "mempersiapkan landasan untuk tahap operasi di masa mendatang."

Israel telah mengerahkan ratusan ribu tentara di sepanjang perbatasan menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan. Sebelumnya pada hari Jumat, militer mengatakan bahwa pasukan darat melakukan serangan selama beberapa jam di dalam Gaza dalam beberapa hari terakhir, menyerang puluhan target militan selama 24 jam terakhir.

Jumlah korban tewas Palestina di Gaza telah melonjak melebihi 7.300 orang, lebih dari 60% di antaranya adalah anak-anak dan perempuan, menurut Kementerian Kesehatan wilayah tersebut.

Blokade di Gaza telah menyebabkan berkurangnya pasokan, dan PBB memperingatkan bahwa operasi bantuannya untuk membantu ratusan ribu orang "runtuh" di tengah-tengah bahan bakar yang hampir habis.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan Israel memperkirakan akan segera melakukan serangan darat yang panjang dan sulit ke Gaza.

"Akan membutuhkan waktu lama" untuk membongkar jaringan terowongan Hamas yang luas, katanya, seraya menambahkan bahwa ia memperkirakan akan ada fase pertempuran dengan intensitas yang lebih rendah ketika Israel menghancurkan "kantong-kantong perlawanan."

Komentarnya menunjukkan fase baru perang yang berpotensi melelahkan dan terbuka setelah tiga minggu pengeboman tanpa henti.

Israel telah mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk menghancurkan kekuasaan Hamas di Gaza dan kemampuannya untuk mengancam Israel. Namun, bagaimana kekalahan Hamas akan diukur dan tujuan akhir dari invasi ini masih belum jelas.

Israel mengatakan bahwa mereka tidak berniat untuk menguasai wilayah kecil itu, namun tidak tahu siapa yang akan memerintahnya - bahkan Gallant mengatakan bahwa pemberontakan jangka panjang bisa saja terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper