Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EEF dari Thailand Pelajari Program Kartu Prakerja Milik Indonesia

Pihaknya mengapresiasi kunjungan EEF Thailand yang ingin mempelajari cara kerja Prakerja dalam menyalurkan beasiswa pelatihan.
Lembaga Pendidikan Thailand Pelajari Program Kartu Prakerja Milik Indonesia
Lembaga Pendidikan Thailand Pelajari Program Kartu Prakerja Milik Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - The Equitable Education Fund (EEF) Thailand, lembaga di bawah Perdana Menteri dan Komite Kementerian yang bergerak di bidang pendidikan melakukan study visit ke kantor Karier.mu sebagai mitra resmi Digital Platform Program Kartu Prakerja , di Jalan Jeruk Purut Dalam, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kunjungan EEF Thailand ini dalam rangka mendapatkan pembelajaran melalui pengalaman Prakerja dalam meningkatkan keterampilan angkatan kerja Indonesia dan mendorong kolaborasi antara Indonesia dan Thailand dalam pengembangan skills tenaga kerja (naker) dan pembelajaran sepanjang hayat masyarakat (adult lifelong learning).

Karier.mu ditunjuk oleh Prakerja sebagai host pada kunjungan tersebut untuk mempelajari proses kemitraan, termasuk proses kurasi dan monitoring mitra lembaga pelatihan, melalui sharing session dan success story yang dilakukan oleh Digital Platform.

“Sebagai Digital Platform, Karier.mu melakukan beberapa praktik baik dalam proses pendampingan mitra lembaga pelatihan, diantaranya upgrading offline, daily live room, coaching clinic, serta sosialisasi rutin berkaitan dengan indikator kurasi dan evaluasi” ungkap M. Rangga Septyadi, Chief of Karier.mu.

EEF Thailand kemudian diharapkan dapat mengadaptasi strategi Karier.mu sebagai mitra Digital Platform Prakerja dalam pengembangan rencana strategis sehingga program intervensi EEF Thailand dapat meningkatkan skill sumber daya manusia lokal menjadi relevan dengan pasar tenaga kerja.

“Kami datang untuk mempelajari lebih lanjut apa yang dilakukan Prakerja dalam memberikan beasiswa pelatihan untuk skilling, upskilling dan reskilling. Kami berharap mendapatkan diskusi yang informatif dan edukatif,” kata Penasehat EEF Supakorn Buasai yang memimpin delegasi EEF Thailand.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Prakerja Cahyo Prihadi mengatakan pihaknya mengapresiasi kunjungan EEF Thailand yang ingin mempelajari cara kerja Prakerja dalam menyalurkan beasiswa pelatihan.

“Prakerja selalu terbuka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola dan memberikan pelayanan,” kata Cahyo.

Kedatangan EEF Thailand merupakan bukti bahwa Prakerja sudah diakui dunia internasional sebagai pionir kampanye #IamLifelongLearner. Sebelumnya, pada Maret 2023 NSPC Kamboja juga melakukan kunjungan serupa dan belajar dari Prakerja.

“Mereka akan meluncurkan program serupa pada November 2023 ini,” pungkas Cahyo.

#IamALIfelongLearner merupakan kampanye global yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan ILLC 2023 di Nusa Dua Bali pada Juli 2023 lalu. Gerakan ini bertujuan untuk membangun semangat belajar sepanjang hayat tanpa memandang usia, lokasi dan kapanpun guna menjadi angkatan kerja yang produktif.
Masyarakat yang ingin bergabung di kampanye #IAmALifelongLearner dapat mengakses di link berikut: https://bit.ly/IndonesiaLifelongLearner (*)
Tentang Prakerja:
Program Kartu Prakerja adalah program beasiswa pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Program ini merupakan salah satu pilar dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045, yakni dalam meningkatkan kapasitas angkatan kerja.
Portal: https://www.prakerja.go.id/
LinkedIn : https://www.linkedin.com/company/kartu-prakerja/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper