Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo-Gibran Naik Maung Milik Sendiri Saat Daftar ke KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka datang ke Kantor KPU naik mobil Maung buatan Pindad. Mobil tersebut adalah milik pribadi Prabowo
Prabowo-Gibran Naik Maung Pindad Milik Sendiri Saat Daftar ke KPU. Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha
Prabowo-Gibran Naik Maung Pindad Milik Sendiri Saat Daftar ke KPU. Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menggunakan kendaraan atau mobil Maung, kendaraan produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung.

Juru bicara (Jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa mobil yang digunakan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) adalah milik pribadi Prabowo.

“Iya [milik] pribadi,” kata Dahnil saat ditemui setelah acara Indonesia Integrity Forum 2023, Rabu (25/10/2023).

Meski milik pribadi, Dahnil mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui kapan Prabowo membeli mobil Maung tersebut.

Namun, Dahnil menyampaikan bahwa mobil tersebut sengaja disiapkan untuk pendaftaran Prabowo ke KPU.

“Iya [memang disiapkan],” ucapnya.

Sebelumnya, dalam pantauan Bisnis di KPU, Prabowo-Gibran tiba pada pukul 11.20 WIB. Mereka masuk ke Kantor KPU dengan menggunakan mobil Maung, kendaraan produksi PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad), Bandung.

Prabowo dan Gibran berdiri sambil menyapa para pendukung dan elite politik yang sudah ada di lapangan depan Kantor KPU. Kedua kompak mengenakan kemeja biru terang.

Gibran menyatakan dirinya dan Prabowo sudah siap mendaftar menjadi peserta Pilpres 2024. "Persiapan sudah selesai," ujar Gibran ketika ditanya awak media.

Tak lama setelah Prabowo dan Gibran masuk, para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) tiba di Kantor KPU juga dengan mobil Maung Pindad. Mereka mengawal pendaftaran Prabowo-Gibran.

Terlihat ada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Terlebih dahulu, sejumlah elite partai politik KIM juga sudah tiba terlebih dahulu.

Spesifikasi Maung Pindad

Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. Juga dirancang untuk memiliki kemampuan modular yang difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Laiknya sport utility vehicle (SUV), Maung mampu mengangkut empat personel dengan kelengkapan dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu SS2-V4 kaliber 5,56 mm.

Maung memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan wheelbase 3.090 mm. Bobot rantis 4WD ini mencapai 2 ton.

Kendaraan ini dilengkapi mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota digunakan untuk sumber tenaga penggerak via transmisi manual enam percepatan. Mesin yang menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm ini juga digunakan pada Toyota Hilux.

Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper