Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran ke Jakarta, Sinyal Kuat Jadi Cawapres Prabowo?

Pengumuman nama cawapres Prabowo akan dilakukan dalam waktu dekat. Nama Gibran paling santer disebut karena saat ini dikabarkan sudah berada di Jakarta
Gibran ke Jakarta, Sinyal Kuat Jadi Cawapres Prabowo?. Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara
Gibran ke Jakarta, Sinyal Kuat Jadi Cawapres Prabowo?. Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Gibran Rakabuming Raka semakin santer disebut sebagai sosok terkuat bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Pasalnya, Gibran dikabarkan terbang dari Solo ke Jakarta. Namun, berdasarkan penelusuran Bisnis ke beberapa sumber, agenda Gibran di Jakarta masih simpang siur.

Ada sumber menyebut, Gibran ke Jakarta untuk menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, sumber dari PDIP belum ada konfirmasi agenda pertemuan dua tokoh tersebut.

Sumber lainnya menyebut kedatangan Gibran ke Jakarta adalah untuk bertemu dengan elite Koalisi Indonesia Maju (KIM) alias kumpulan parpol pengusung capres Prabowo Subianto.

Beberapa waktu lalu, Gerindra telah memberikan kode berupa pantun yang menggambarkan sosok cawapres pendamping Prabowo di Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam pantunnya menyampaikan petunjuk atau kisi-kisi cawapres Prabowo di antaranya frasa 'anak muda' dan 'stasiun balapan' yang dinilai publik sebagai representasi Gibran Sang Wali Kota Solo.

Kemudian, sinyal KIM menunjuk Gibran sebagai cawapres Prabowo juga disampaikan oleh Koordinator Pejuang Milenial Prabowo (PMP) Karanganyar Bagas Hilmansyah.

"Kami di Karanganyar hanya mengerucut ke satu orang," ujarnya kepada Bisnis saat menghadiri acara beda buku Prabowo Subianto di Kulonuwun Kopi Solo, Jumat (20/10/2023).

Ketika dikonfirmasi apakah sosok tersebut adalah Gibran, Bagas selaku relawan mengaku setuju dan tidak mempermasalahkan.

"Bagus. Kalau Gibran jadi cawapres bapak [Prabowo], bisa mengimbangi kekuatan [elektabilitas] Prabowo. Kita perlu cawapres yang muda dan berpengalaman," ujarnya.

Pengumuman Cawapres Prabowo

deklarasi cawapres Prabowo belum diumumkan karena masih terdapat ketua umum parpol koalisi yang masih berada di luar negeri, yakni Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Muzani menyampaikan bahwa setelah kedatangan ketum PAN itu, pihaknya bakal langsung mengadakan rapat koalisi. Menurutnya, deklarasi pasangan Prabowo tidak akan sampai berhari-hari dan bakal diumumkan dalam hitungan jam.

"Mudah-mudahan bukan sehari dua hari, jam lah mudah-mudahan," tukasnya.

Di sisi lain, Ketua DPW PAN DKI Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio menyampaikan Zulhas memajukan kepulangannya dari perjalanan dinas bersama Presiden Joko Widodo. Zulhas dijadwalkan bakal tiba di Indonesia pada Jumat (20/10/2023).

"Ya jadi keliatannya ketum memajukan sehari, katanya ya dan itu juga sudah diketahui oleh pak presiden jadi insyaallah beliau yang harusnya Sabtu atau Minggu pulang, jadinya Jumat siang di Jakarta," kata Eko.

Sementara itu, Kepala Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Golkar Nusron Wahid mengatakan nama Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang diusung oleh partainya  untuk mendampingi Prabowo Subianto akan diputuskan pekan ini.

Nusron, yang ditunjuk oleh Golkar melalui rapat pleno partai untuk masuk ke tim pemenangan Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, menyebut perihal bakal cawapres dari partainya akan diputuskan pada akhir pekan ini. 

"Belum [ada pembahasan cawapres untuk Prabowo di internal Golkar]. Tunggu saja hari Sabtu. Rapimnas," ujarnya saat ditanya wartawan soal sosok cawapres Prabowo di sela acara Deklarasi Relawan Jagat Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2023).

Hingga berita ini diterbitkan, Bisnis masih terus mengonfirmasi terkait kebenaran info Gibran ke Jakarta dan agendanya kepada pihak PDIP maupun Gerindra dan koalisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper