Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisi-kisi Golkar Soal Pengumuman Cawapres Prabowo

Kepala Bappilu Partai Golkar Nusron Wahid mengatakan nama Bakal Calon Cawapres Prabowo akan diputuskan usai Rapimnas Sabtu besok
Kisi-kisi Golkar Soal Pengumuman Cawapres Prabowo. Bacapres, Prabowo Subianto di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023) - Bisnis/Anshary Madya Sukma
Kisi-kisi Golkar Soal Pengumuman Cawapres Prabowo. Bacapres, Prabowo Subianto di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023) - Bisnis/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Golkar Nusron Wahid mengatakan nama Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang diusung oleh partainya  untuk mendampingi Prabowo Subianto akan diputuskan pekan ini.

Nusron, yang ditunjuk oleh Golkar melalui rapat pleno partai untuk masuk ke tim pemenangan Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, menyebut perihal bakal cawapres dari partainya akan diputuskan pada akhir pekan ini. 

"Belum [ada pembahasan cawapres untuk Prabowo di internal Golkar]. Tunggu saja hari Sabtu. Rapimnas," ujarnya saat ditanya wartawan soal sosok cawapres Prabowo di sela acara Deklarasi Relawan Jagat Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2023).

Nusron lalu enggan memerinci siapa sosok bakal cawapres Prabowo yang akan didorong oleh Golkar. Sebelumnya, isu mengenai bergabungnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming ke partainya itu mencuat usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan batas usia capres-cawapres. 

Padahal, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu merupakan kader PDI Perjuangan. Status kader Gibran di PDI Perjuangan juga belum lama ini sudah dikonfirmasi oleh partai tersebut, kendati mencuatnya isu perpindahan Gibran ke Golkar. 

"Kita tunggu saja tanggal mainnya," lanjut Nusron. 

Sementara itu, Bakal Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto belum kunjung mengumumkan siapa bakal pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Pada malam ini, Kamis (19/10/2023), Prabowo terlihat hadir saat menerima deklarasi dukungan Relawan Jagat Prabowo. Relawan itu terdiri dari alumni aktivis PMII yang Ketua Dewan Pengarahnya yakni Nusron Wahid. 

Dalam sambutannya, Prabowo menyapa para relawan yang datang ke rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan. Dia juga menyinggung soal setiap warga negara berhak menentukan siapa pemimpinnya. 

Menteri Pertahanan itu juga beberapa kali menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan berjanji akan melanjutkan kepemimpinannya. 

"Saya apabila diberi kepercayaan oleh rakyat Indonesia, apabila saya bersama tim saya diberi mandat oleh rakyat Indonesia, saya akan meneruskan strategi Pak Joko Widodo dan saya akan berjuang keras untuk menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia," katanya di depan relawan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2023). 

Adapun selain nama Gibran, nama sejumlah tokoh lain mencuat dikabarkan sebagai tokoh potensial sebagai cawapres Prabowo. Nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mencuat. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan petunjuk atau kisi-kisi cawapres Prabowo melalui dua pantun. Petunjuknya, sosok anak muda yang berpengalaman di pemerintahan.

"Saya cuma mau memberi isyarat kisi kisi cawapres pak Prabowo hanya dengan dua pantun," kata Muzani usai rapat di sekitaran kediaman Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan (18/10/2023).

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan sejauh ini pihaknya belum melakukan pembahasan soal nama calon wakil presiden untuk pendamping capres yang diusung Golkar, yakni Prabowo Subianto.

"Ya kita hingga saat ini masih belum membahas soal nama-nama cawapres itu dan nama cawapres itu sejak awal kita serahkan kepada ketum untuk berkomunikasi dengan para ketum Koalisi Indonesia Maju," ujar Ace di kantor Golkar, Kamis (19/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper