Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Gus Nahdhy, Ketum Baru Samawi yang Jatuh di Depan Jokowi

Berikut rekam jejak dan profil dari Muhammad Nahdhy atau Gus Nahdhy yang terpilih menjadi Ketum Samawi.
Ketua Umum Samawi Muhammad Nahdhy atau Gus Nahdhy/Instagram @nahdhy_muhammad
Ketua Umum Samawi Muhammad Nahdhy atau Gus Nahdhy/Instagram @nahdhy_muhammad

Bisnis.com, SOLO - Ketua Umum Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), Muhammad Nahdhy atau Gus Nahdhy mendadak menjadi perbincangan warganet.

Ia tiba-tiba viral, setelah potongan video yang menunjukkan dirinya terjatuh di depan Jokowi beredar di media sosial.

Dari video tersebut, terlihat Gus Nahdya terjatuh saat berjalan menuju ke podium untuk memberikan sambutan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Sabtu (7/10/2023).

Momen itu kemudian membuat hadirin, serta Presiden Joko Widodo kaget. Namun Gus Nahdhy mengaku tidak apa-apa setelah meminta maaf.

"Mohon maaf saking geroginya karena proses pengangkatannya sangat cepat, lalu harus tampil di depan yang mulia (Jokowi) juga sangat cepat, jadi belum terkoneksi dengan baik antara otak dan hati, saya mohon maaf," kata Gus Nahdhy dalam video yang beredar.

Gus Nahdhy baru saja ditunjuk sebagai Ketua Umum Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang dilakukan dalam serangkaian acara RAPIMNAS SAMAWI 2023 di Jakarta, Sabtu.

Penunjukkannya sebagai Ketum itu juga turut dihadiri oleh Ketum PSI Kaesang Pangarep.

Lalu siapa Gus Nahdhy?

Gus Nahdhy atau yang memiliki nama lengkap Muhammad Nahdhy merupakan santri yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP IPNU pada 2012-2015.

Dirinya juga merupakan pengasuh dari pondok pesantren (ponpes) KH Hasan Besari, yang merupakan cabang dari ponpes Sunan Pandanaran.

Ponpes Sunan Pandanaran (PPSPA) sendiri dimiliki oleh KH. Mufid Mas’ud, yang merupakan kakek dari Gus Nahdhy.

Gus Nahdhy merupakan santri Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari Yogyakarta. Ia sempat menempuh pendidikan di Jurusan Tafsir dan Hadis Fakultas Ushulludin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebelum menjabat di Samawi, Gus Nahdhy aktif di IPNU MA Sunan Pandanaran. Ia pun sempat terpilih menjadi Ketua PC IPNU Sleman periode 2006-2008.

Tak sampai di situ, ia kemudian dipercaya untuk memimpin PW IPNU DIY periode 2009-2012. Dirinya juga aktif berada di organisasi lain seperti DPD KNPI DIY, Forum Silaturahmi Pesantren DIY, Majelis Silaturahmi Generasi Muda Pesantren DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper