Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Penting Gempa Maroko yang Tewaskan Lebih dari 2 Ribu Orang

Berikut fakta gempa bumi dahsyat di Maroko yang menewaskan lebih dari 2.000 orang, dan 2.421 orang terluka.
Citra satelit menunjukkan bangunan runtuh akibat gempa bumi dahsyat di Amizmiz, Maroko 10 September 2023. Maxar Technologies/Handout via REUTERS
Citra satelit menunjukkan bangunan runtuh akibat gempa bumi dahsyat di Amizmiz, Maroko 10 September 2023. Maxar Technologies/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa dahsyat di Maroko menewaskan lebih dari 2.000 orang. Melansir Reuters, Senin (11/9/2023), jumlah warga Maroko yang tewas 2.122 orang dan 2.421 orang terluka.

Tim penyelamat berlomba mencari korban selamat yang terjebak di reruntuhan desa yang rata dengan tanah. Pihak berwenang telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Berikut fakta gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Maroko pada Jumat (8/9/2023) malam:

1. Berapa banyak yang terkena dampak?

Berdasarkan catatan Reuters, ada 2.122 orang tewas dan 2.421 orang terluka.

Provinsi Al-Haouz, tempat episentrum gempa berada, mencatat 1.293 orang tewas disusul Provinsi Taroudant yang mencatat 452 orang tewas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 300.000 orang terkena dampak di Marrakesh dan sekitarnya.

2. Berapa tingkat kerusakannya?

Pada Sabtu (9/9/2023) malam, saluran televisi menyiarkan gambar yang menunjukkan seluruh desa yang terbuat dari tanah liat di Provinsi Al-Haouz hancur.

Beberapa bagian kota tua bersejarah Marrakesh yang merupakan objek wisata populer juga rusak.

Di jantung kota tua, Situs Warisan Dunia UNESCO, sebuah menara masjid telah runtuh di Lapangan Jemaa al-Fna. Beberapa rumah di kota tua yang padat penduduk itu roboh dan orang-orang menggunakan tangan mereka untuk membersihkan puing-puing sambil menunggu alat berat, kata warga Id Waaziz Hassan.

3. Seberapa dahsyat gempa yang terjadi?

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa tersebut adalah gempa berkekuatan 6,8 SR pada kedalaman dangkal 26 km (16 mil). Kedalamannya sebelumnya dilaporkan mencapai 18 km.

Namun, pusat geofisika Maroko menyatakan gempa terjadi dengan kekuatan 7,2 SR.

4. Di mana gempa terjadi?

Gempa terjadi 72 km (45 mil) Barat Daya Marrakesh. Pusat gempa terletak di daerah Ighil, komuni pedesaan pegunungan yang menjadi rumah bagi desa-desa pertanian kecil di Provinsi Al-Haouz dekat resor ski Oukaimeden di Pegunungan Atlas.

Gempa terasa di seluruh negeri, termasuk di Provinsi Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

Di kota pesisir Rabat, Casablanca, Agadir dan Essaouira, banyak warga yang panik turun ke jalan pada tengah malam karena khawatir rumah mereka akan runtuh. Getaran dirasakan hingga ke Huelva dan Jaen di Spanyol selatan.

Seberapa umum gempa sebesar ini terjadi di Maroko?

Gempa bumi sebesar ini di wilayah tersebut jarang terjadi namun bukan hal yang tidak terduga, menurut USGS.

Sejak tahun 1900, telah terjadi sembilan gempa berkekuatan 5 SR dan lebih kuat dalam jarak 500 km setelah kejadian ini, tidak ada satupun yang berkekuatan lebih dari 6.

5. Apa upaya bantuan sejauh ini?

Angkatan bersenjata Maroko mengerahkan tim penyelamat untuk menyediakan air minum bersih, persediaan makanan, tenda, dan selimut kepada daerah yang terkena dampak.

Anggota tim sepak bola nasional putra Maroko telah mendonorkan darahnya untuk membantu para korban gempa, menurut sebuah video yang diunggah di halaman Facebook tim.

Aljazair yang memutuskan hubungan dengan Maroko pada tahun 2021 setelah meningkatnya ketegangan antar negara yang berfokus pada konflik Sahara Barat mengatakan akan membuka wilayah udara untuk penerbangan kemanusiaan dan medis.

Beberapa negara lain, termasuk Israel, Perancis, Spanyol, Italia dan Amerika Serikat, juga telah menawarkan bantuan. (Nizar Fachri Rabbani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper