Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualitas Udara Jakarta "Membaik" Jelang KTT Asean 2023 4 September 2023

Kualitas udara Jakarta tercatat membaik jelang KTT Asean 2023 pada Senin, 4 September 2023.
Udara Jakarta/Mia Chitra Dinisari
Udara Jakarta/Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, SOLO - Kualitas udara Jakarta tercatat membaik jelang KTT Asean 2023 pada Senin, 4 September 2023.

KTT Asean 2023 telah dimulai sejak 29 Agustus 2023 lalu. Sementara, puncak perhelatan KTT Asean ke-43 di Jakarta ditetapkan pada 5-7 September 2023.

KTT Asean yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan itu akan diikuti oleh 22 negara yang terdiri atas 11 negara Asean, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Jakarta sempat diterpa kabar polusi udara parah beberapa hari terakhir. Akan tetapi jelang KTT Asean 2023 hari ini, kualitas udara Jakarta sedikit membaik.

Tercatat, DKI sebelumnya pernah menduduki posisi pertama sebagai kota dengan udara buruk di dunia beberapa pekan lalu.

Akan tetapi berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, Senin, 4 September 2023 sekitar pukul 08.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 114.

Berdasarkan data IQAir, tingkat konsentrasi PM2.5 Jakarta saat ini pada level 41µg/m³ atau setara dengan 8,2 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Meskipun masih termasuk tinggi, akan tetapi angka ini lebih baik daripada sebelumnya.

Sementara untuk prakiraan cuaca, Jakarta diprediksi akan cerah berawan hingga sore hari nanti. Saat ini, suhu di ibu kota Indonesia tersebut berada di rentang 27 derajat celcius.

Dengan cuaca dan kualitas udara yang cukup baik, netizen di Twitter mengatakan bahwa delegasi KTT ASEAN 2023 tidak perlu menghirup udara kotor Jakarta.

Di sisi lain, jadwal KTT Asean hari ini, Senin (4/9/2023), berfokus pada pertemuan menteri luar negeri Asean dalam Asean Ministerial Meeting (AMM) yang dilaksanakan di kantor Sekretariat Asean di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Selanjutnya, pertemuan Asean Political and Security Community (APSC) juga akan digelar. Agenda ini merupakan pertemuan para penanggungjawab di pilar politik dan keamanan.

Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Agenda hari ini dilanjutkan pertemuan Asean Coordinating Council (ACC), pada 4 September 2023. Ini juga merupakan pertemuan para menteri luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper