Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu PAP? Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial

Pap adalah singkatan dari post a picture. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Apa itu PAP? Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial/Pexels.
Apa itu PAP? Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial/Pexels.

Bisnis.com, JAKARTA - PAP adalah singkatan dari Post a Picture. Istilah singkatan ini sering kali digunakan oleh para anak muda untuk meminta temannya mengirim foto, dalam percakapan online atau chat. Foto yang dikirim bisa bermacam-macam, mulai kegiatan, keadaan sekitar, dan lainnya. 

Sebelum ada kata PAP, orang-orang meminta foto pada orang lain dengan menggunakan bahasa seperti biasanya. Tapi, semakin maju zaman dan makin banyak kata-kata dan singkatan, serta bahasa gaul yang muncul, PAP juga menjadi salah satu yang digunakan oleh anak muda. 

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai PAP yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Fungsi PAP 

PAP juga berfungsi untuk membuktikan eksistensi atau kebenaran. Misalnya kamu sedang berpergian ke luar kota, dan teman kamu meminta untuk kamu kirim foto untuk membuktikan jika kamu benar-benar sedang dalam perjalanan atau sudah sampai di luar kota. 

Bisa jadi teman kamu akan mengirim kalimat seperti “mana coba pap” yang artinya ia mau kamu membuktikan kebenaran dari keadaan kamu yang sekarang berada di luar kota. 

PAP juga berfungsi untuk mengetahui lokasi di mana orang tersebut berada. Misal jika kamu mau ketemuan di sebuah tempat atau restoran, kamu atau temanmu pasti meminta PAP yang menandakan jika kamu atau temanmu sedang berada di dekat lokasi tersebut. 

2. Apa yang tidak boleh dilakukan dengan PAP

Berdasarkan fungsi dan kegunaan yang sudah disebutkan, kata PAP boleh digunakan ketika seseorang membutuhkan pembuktian terkait suatu hal, agar kesannya tidak bohong. Selain itu, yang boleh dilakukan lainnya dalam penggunaan PAP dalam meminta lokasi teman, saudara atau orang yang ingin kamu temui agar kamu tidak tersesat. 

3. Yang tidak boleh dilakukan dengan PAP

Dalam hal menggunakan kata PAP, kamu tidak boleh menggunakannya untuk hal-hal yang merugikan orang lain. Misalnya kamu tidak boleh menggunakan kata ini untuk mengganggu privasi orang lain, dengan meminta seseorang mengirimkan foto data pribadi, surat-surat penting dan lainnya. 

4. Kegunaan PAP secara lebih luas 

  • Untuk menjadi bukti suatu kejadian atau kegiatan

di keseharian PAP sering diterapkan untuk menunjukkan bukti terkait suatu kejadian atau kegiatan. Dengan memposting atau mengirimkan foto, seseorang akan lebih mudah untuk percaya dengan situasi yang terjadi.

  • Untuk mengenal sosok orang lain 

Beberapa orang yang aktif di media sosial sering membagikan keseharian mereka melalui foto. PAP juga akan memudahkan kamu untuk mengenali sosok seseorang, hanya dengan melihat apa yang mereka posting di media sosial. Misalnya, terkait hobi, pekerjaan, dan sebagainya.

  • Untuk menunjukkan lokasi

Hal ini biasa dilakukan oleh seseorang yang sedang membuat janji dengan orang lain. Dengan memposting foto suasana sekitar, teman orang yang diajak janjian akan lebih mudah menemukan lokasi kita.

  • Untuk menunjukkan foto produk 

Bagi kamu yang mempunyai bisnis online, PAP akan sangat berguna untuk menunjukkan wujud produk yang kalian jual. Dengan begitu, promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan murah.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu PAP hingga cara penggunaannya yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper