Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 29 Ruas Jalan Buka-Tutup dan Jalur Alternatif selama KTT Asean 2023

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan 29 ruas jalan di Jakarta buka tutup selama KTT ke-43 Asean.
Gedung-gedung bertingkat di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. JIBI/Feni Freycinetia
Gedung-gedung bertingkat di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. JIBI/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa selama pelaksanaan KTT ke-43 Asean sebanyak 29 ruas jalan akan buka tutup untuk lintasan para delegasi.

Selama sistem buka dan tutup jalan, pelayanan angkutan umum seperti Transjakarta dan MRT tetap beroperasi sebagaimana biasanya.

"Atas pelaksanaan buka tutup tersebut kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan perjalanannya dengan menghindari 29 ruas jalan yang nantinya akan buka tutup dan memilih rute-rute alternatif yang sudah kami identifikasi," katanya pada Senin (28/8/2023).

Dikatakan, buka tutup jalan untuk KTT ke-43 Asean berbeda dengan buka tutup pada penyelenggaraan kegiatan lainnya.

Syafrin mencontohkan pada saat pimpinan negara akan berangkat misalnya pukul 7.30 WIB, maka pada pukul 6.30 WIB sudah mulai melakukan penyaringan kendaraan.

"Jadi kendaraan sebagian sudah dialihkan sehingga bagi yang akan tetap memaksa masuk mau tidak mau mulai harus masuk ke antrean dan kemudian pada pukul 7.00 sudah langsung ditutup total. Sehingga jalan menjadi steril dan kita harapkan semuanya sudah masuk ke jalur-jalur alternatif. Setelah melintas baru setelah itu 15 menit melakukan pembukaan," ujarnya.

“Ada 22 pimpinan negara yang akan hadir, sehingga penutupan jalan akan ada dua. Jadi bisa saja ada yang berangkat jam 7.45 WIB sehingga penutupannya akan terus diperpanjang. Oleh sebab itu kami telah melakukan identifikasi rute-rute lintasan dan sebagai ilustrasi yang dari arah selatan misalnya yang akan menuju ke utara ini akan kami lakukan pengalihan arus," tambahnya.

Jalur Alternatif

Syafrin menjelaskan jalur alternatif selama KTT ke-43 Asean, yakni mulai dari selatan menuju ke utara setelah masuk ke Panglima Polim akan dibelokkan ke kiri ke Jalan Kyai Maja, kemudian masuk ke Jalan Kebayoran Baru lurus akan belok kiri di Jalan Arteri Pondok Indah.

Lalu, akan berputar di depan Mall Gandaria City masuk kembali ke Jalan Arteri Pondok Indah kemudian masuk ke Jalan Kyai Arif. Setelah itu masuk ke Tentara Pelajar masuk ke Pejompongan diteruskan untuk yang akan mengarah Jakarta Pusat.

Sementara, yang masuk ke barat otomatis belok kiri ke Jalan Gatot Subroto kemudian lurus ke S Parman Jakarta Barat.

Untuk yang kemudian ingin melanjutkan arah kawasan Gajah Mada Hayam Wuruk di Simpang S Parman, belok kanan ke Tomang Raya lalu ke Wiryopranoto Jalan Balikpapan belok kiri ke Harmoni masuk ke Jalan Gajah Mada.

Rekayasa lalu lintas di 29 ruas jalan Jakarta, saat pelaksanaan KTT ke-43 Asean, antara lain:

1. Jalan Jenderal Sudirman

2. Jalan M.H. Thamrin

3. Jalan Gatot Subroto

4. Jalan HR Rasuna Said

5. Jalan Imam Bonjol

6. Jalan HOS Cokroaminoto

7. Jalan Galunggung

8. Jalan R.M. Margono Djojohadikoesoemo

9. Jalan K.H. Mas Mansyur

10. Jalan Karet Pasar Baru Timur 5

11. Jalan Karet Pasar Baru Timur 2

12. Jalan Karet Pasar Baru Timur 3

13. Jalan Prof. Dr. Satrio sisi Barat

14. Jalan Kebon Sirih

15. Jalan Wahid Hasyim

16. Jalan Gerbang Pemuda

17. Jalan Pintu Satu Senayan

18. Jalan Asia Afrika

19. Jalan Sisingamangaraja

20. Jalan Pattimura

21. Jalan Trunojoyo

22. Jalan Gunawarman

23. Jalan Majapahit

24. Jalan Ir . Juanda

25. Jalan Veteran III

26. Jalan Medan Merdeka Barat

27. Lingkar Mega Kuningan

28. Jalan Lingkar SCBD

29. Jalan Setia Budi Tengah

Dikatakan, mulai 5 September pukul 00.00 WIB, mobil barang tidak diperkenankan melintas sampai dengan 7 September pukul 24.00 WIB.

"Selanjutnya kami sampaikan bahwa selama pelaksanaan KTT Asean untuk lintasan angkutan barang di Jalan Tol Dalam Kota mulai dari ruas Cawang menuju ke arah Kemang ini akan ditutup 3x24 jam," ujarnya.

Pengalihan dilakukan melalui Jorr, baik itu Jorr barat yang akan menuju ke barat maupun bagi kendaraan yang tujuannya ke kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara itu, pada 6 September juga akan dilakukan penutupan ruas jalan Sudirman dari Bundaran Senayan sampai dengan ke Semanggi. Demikian pula sebaliknya karena ada kegiatan di kawasan ini yang membutuhkan ruang yang lebih ke seberang di Kawasan SCBD.

"Jadi akan ada penutupan jalan mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB di Jalan Jendral Sudirman ruas Bundaran Senayan ke Semanggi baik itu sisi Timur maupun di sisi Barat," katanya.

Syafrin berharap masyarakat bisa menghindari dan melakukan perjalanan pada rute-rute alternatif yang telah disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper