Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NasDem Enggan Tanggapi Andi Arief soal Surya Paloh Cawapres Anies

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya tak mau menanggapi secara serius pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief.
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/Dok. NasDem
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya/Dok. NasDem

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya enggan menanggapi pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief soal uji coba nama Surya Paloh sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Willy mengatakan, pernyataan Andi Arief hanya untuk lucu-lucuan saja. Dia hanya mengklaim Surya Paloh tidak pernah mengincar jabatan publik apapun.

"Pak Surya enggak ingin maju jadi apa-apa. Kadang-kadang kita harus waras dengan akal sehat. Pak Surya membuat ini [NasDem] untuk memajukan putra-putri terbaik," jelas Willy di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Oleh sebab itu, lanjutnya, Surya Paloh memilih Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) usungan NasDem di Pilpres 2024 bukan dirinya atau bahkan kader partainya.

Bahkan, Willy bercerita Surya Paloh pernah menolak saat ditawari jadi cawapres untuk Joko Widodo (Jokowi) jelang Pemilu 2014.

"Jadi itu [cawapres] satu hal yang bukan level Pak Surya, jadi enggak perlu juga. Kita kadang-kadang harus tahu yang mana yang halu mana yang enggak. Itulah, tapi ini lucu-lucuan lah," ucapnya.

Willy pun menegaskan, dugaan Andi Arief itu hanya dinamika politik biasa dalam suatu koalisi. Menurutnya, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari NasDem, Demokrat, dan PKS masih solid dukung Anies di Pilpres 2024.

"Banyak orang melihat ini ingin dibubarin tapi tidak ya. Kami di dalam solid lah," ujar Willy.

Sebelumnya, Andi Arief menduga Partai NasDem sedang menguji coba kemungkinan ketua umumnya Surya Paloh menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Dugaan itu diungkapkan Andi lewat cuitannya di akun Twitternya, @Andiarief__, pada Rabu (9/8/2023).

"Dugaan saya ada nama yang sedang diuji di survei oleh salah satu pimpinan partai Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Jika benar nama itu nama Pak Surya Paloh, maka harus dijelaskan saat ini oleh Pak Anies Baswedan," cuit Andi, yang sudah mengizinkan Bisnis mengutipnya.

Saat dikonfirmasi, dia memastikan maksud cuitan itu memang terkait dugaan NasDem sedang menjajaki kemungkinan pasangkan duet Anies-Surya Paloh di Pilpres 2024. Caranya, dengan melakukan survei duet Anies-Surya ke masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper