Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Prabowo Beri Tanda Finger Heart dan Teriak Ewako ke Warga Sulsel

Prabowo melepas peserta jalan santai Anti Mager yang digelar di Makassar, Minggu (6/8/2023). Dia pun meneriakkan ewako dan memberi tanda finger heart.
Bakal calon presiden Prabowo Subianto jalan santai anti mager 2023 bersama ratusan ribu masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/8/2023)./Instagram @praboworn
Bakal calon presiden Prabowo Subianto jalan santai anti mager 2023 bersama ratusan ribu masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/8/2023)./Instagram @praboworn

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melepas keberangkatan peserta jalan santai Anti Mager yang digelar di Makassar, Minggu (6/8/2023). Dia pun meneriakkan "ewako" dan memberi tanda "finger heart".

Dikutip melalui instagram @prabowo, kegiatan yang diikuti oleh 450.000 orang ini turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Menteri Pertanian Kabinet Kerja 2014-2019 Andi Amran Sulaiman.

Kepada para peserta, Prabowo mengungkap jika dirinya senang bisa berada di tengah-tengah masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Selamat pagi rakyat Sulsel, luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas undangan ini. Saya bangga berada di sini dan berada di tengah rakyat Sulsel," tuturnya, dikutip melalui rilisnya, Senin (7/8/2023).

Tidak hanya itu, Prabowo juga mengaku bangga atas semangat rakyat Sulsel dan kesetiaan mereka kepada NKRI.

"Saya sangat bangga kepada semangat kalian, kesetiaan kalian kepada NKRI," tegasnya.

Saat rombongan peserta jalan santai melewati garis start, Prabowo terus menyapa mereka dari atas jembatan yang melintang di Jalan Sudirman, Makassar.

Sapaan Prabowo dimulai dari lambaian tangan, memberi semangat dengan bahasa daerah, memberi topi hingga gesture finger heart yang kerap dimaknai dengan tanda 'saranghae' untuk masyarakat Sulsel.

"Ewako! Ewako!" ungkap Prabowo.

"Apa kareba," imbuhnya.

Masyarakat lantas membalas sapaan Prabowo dan meneriakkan namanya.

Jalan santai 'Anti Mager' 2023 diselenggarakan oleh Pemprov Sulsel dan berkolaborasi dengan IKA Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemprov Sulsel sekaligus rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-354 Sulawesi Selatan.

Di sisi lain, bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Gerindra itu mengakui keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"[Atas] keberhasilan pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, saya menyatakan bahwa saya bangga. Saya [bangga menjadi] bagian dari pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, walaupun saya dua kali bertarung melawan beliau," ujarnya

Salah satu keberhasilan pemerintahan Jokowi yang diungkap oleh Prabowo adalah saat Indonesia berhasil menekan angka inflasi. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor kepemimpinan yang dimiliki oleh Jokowi.

"Ini karena leadership Pak Joko Widodo dan menteri-menterinya. Saya timnya Indonesia. Kapten kesebelasan tim Indonesia, Joko Widodo. Aku anggota tim itu. Boleh dong aku bangga," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya turut menjelaskan alasan mengapa pada akhirnya bersedia bergabung dengan pemerintahan Jokowi.

Prabowo menyatakan, dia meyakini Jokowi memiliki nilai-nilai nasionalisme yang sama dengan dirinya, mulai dari cinta tanah air dan rela bekerja demi rakyat Indonesia.

"Saya yakin, walaupun waktu itu saya bertarung melawan beliau, saya yakin hatinya adalah merah putih, sama dengan saya. Hatinya adalah cinta Tanah Air, sama dengan saya. Hatinya adalah cinta rakyat Indonesia. Karena itu saya tidak ada masalah, beliau yang jadi Presiden. Beliau ajak saya, [saya] siap bekerja untuk rakyat, untuk merah putih," pungkas Prabowo.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper