Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Tegaskan Dukung Penuh Proyek IKN

Apindo berkomitmen untuk mendukung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satu mega proyek Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo berkomitmen untuk mendukung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satu mega proyek Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani menyampaikan, komitmen tersebut tertuang dalam roadmap perekonomian lima tahunan yang dirancang Apindo serta empat agenda prioritas di masa kepengurusannya.

“Ini termasuk Pak, kami akan mendukung proyek besar Bapak yaitu Ibu Kota Nusantara,” kata Shinta dalam pengukuhan pengurus DPN Apindo, Senin (31/7/2023).

Dalam kesempatan berbeda, Shinta menyebut sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Apindo sudah mulai mengembangakn investasinya di IKN. Sebab, ibu kota baru ini membutuhkan partisipasi dari investor lokal dalam pembangunannya.

Adapun investasi yang dikembangkan diantaranya program kemitraan dengan pihak asing maupun dengan pengusaha lokal, yang menyasar pada fasilitas seperti kesehatan, pendidikan, perumahan, dan lainnya. 

Selain berinvestasi pada infrastruktur, para pengusaha juga masuk ke teknologi mengingat IKN mengusung konsep smart city.

Kendati sudah mulai mengembangkan investasi di IKN, masih ada sejumlah permasalahan yang disoroti dalam merealisasikan investasinya. Permasalahan utama bagi pengusaha yaitu peningkatan demand.

“Misalnya buka mall, siapa yang akan datang nih? Itu yang pemerintah harus masuk dengan infrastruktur yang memadai,” ujarnya.

Selain itu, pengusaha juga meminta pemerintah untuk mulai memikirkan cara agar masyarakat di sekitar Balikpapan dan Samarinda misalnya, mau pindah dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di IKN. Adapun permintaan-permintaan tersebut, sudah disampaikan langsung ke pemerintah.

“Kita sudah memberikan semua ke pemerintah hal-hal apa yang harus diperhatikan pemerintah,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper