Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Senator Senior Partai Republik AS Mitch McConnell Tiba-Tiba Terdiam saat Konferensi Pers

Pemimpin Senat AS Partai Republik Mitch McConnell tiba-tiba berhenti berbicara dan terdiam di tempat selama sekitar 20 detik dalam konferensi pers.
Pemimpin Senat dari Partai Republik AS Mitch McConnell/Bloomberg
Pemimpin Senat dari Partai Republik AS Mitch McConnell/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Senat Amerika Serikat dari Partai Republik Mitch McConnell tiba-tiba berhenti berbicara dan terdiam di tempat selama sekitar 20 detik dalam konferensi pers pada hari Rabu (26/7/2023) di Capitol AS.

Melansir Bloomberg, Kamis (27/7), anggota parlemen berusia 81 tahun ini dibawa pergi saat terdiam namun kembali ke konferensi pers beberapa menit kemudian. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa ia baik-baik saja dan mampu melakukan pekerjaannya.

Peristiwa yang tertangkap kamera ini terjadi hanya beberapa bulan setelah McConnell mengalami gegar otak dan patah tulang rusuk saat terjatuh pada 8 Maret lalu di sebuah acara penggalangan dana di Washington, D.C.

Ia keluar dari rumah sakit pada 25 Maret namun baru kembali ke Senat pada pertengahan April.

Juru bicara McConnell David Popp menolak menjawab pertanyaan wartawan mengenai kondisi pemimpin Partai Republik tersebut.

McConnell saat itu dikelilingi oleh tim kepemimpinannya. Senator Joni Ernst dari Iowa dan John Barrasso dari Wyoming bertanya apakah dia baik-baik saja saat dia berdiri diam di tempat.

"Anda baik-baik saja, Mitch? Ada lagi yang ingin Anda katakan? Apakah Anda ingin mengatakan hal lain kepada pers?" Barrasso bertanya.

McConnell kemudian dibawa ke belakang oleh seorang ajudan. Sementara itu, wakil pemimpin Senat dari Partai Republik John Thune melanjutkan konferensi pers.

Partai Demokrat dan independen yang sejalan dengan partai ini memiliki mayoritas suara 51 berbanding 49 di Senat. Ketidakhadiran McConnell tidak akan mempengaruhi kontrol Partai Republik di majelis tersebut.

Jika ia meninggalkan Senat selama masa jabatannya, hukum Kentucky mengharuskan pengganti sementara dari partai yang sama sampai ada pemilihan baru di negara bagian yang didominasi oleh Partai Republik ini.

Awal tahun ini, McConnell menjadi pemimpin partai terlama di Senat, melampaui rekor dipegang oleh Mike Mansfield dari Partai Demokrat yang menjabat selama lebih dari empat dekade.

Dalam karir Senat yang berlangsung selama lebih dari tiga dekade, McConnell naik menjadi seorang apropriator terkemuka, ketua komite kampanye Senat Partai Republik, dan akhirnya menjadi pemimpin Partai Republik sejak tahun 2007.

Ketika ditanya tentang insiden tersebut, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer menjawab, "Saya selalu mendoakan agar Pemimpin McConnell baik-baik saja."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper