Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Menghitung Weton dan Artinya yang Bisa Kamu Coba

Beberapa cara menghitung weton ini biasanya digunakan dalam budaya jawa.
Cara menghitung weton/Gramedia
Cara menghitung weton/Gramedia

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam budaya Jawa, weton adalah hitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menunjuk ramalan tertentu. Cara menghitung weton atau kecocokan jodoh bisa dilihat berdasarkan hari dan pasaran, ada juga yang dihitung berdasarkan bulan tahun kelahiran. 

Umumnya, weton digunakan untuk menentukan tanggal yang baik untuk pelaksanaan acara tersebut menghindari hal yang dianggap membawa peruntungan buruk. Selain itu, hitungan Jawa ini juga bisa meramal kecocokan pasangan. 

Cara Menghitung Weton Kelahiran

Weton dibuat berdasarkan hari Saptawara, yaitu Minggu hingga Senin. Selain itu, ada juga hari Pasaran yaitu legi, pahing, pon, wage dan kliwon. Berikut nilai dalam hari weton Jawa: 

  • Senin = 4
  • Selasa = 3
  • Rabu = 7
  • Kamis = 8
  • Jumat = 6
  • Sabtu = 9
  • Minggu = 5

Berikut nilai dari pasaran di weton Jawa:

  • Legi = 5
  • Pahing = 9
  • Pon = 7
  • Wage = 4
  • Kliwon = 8

Karakter berdasarkan weton kelahiran

  • Hari Minggu: karakter dipengaruhi peredaran matahari, sehingga sangat menonjol, berwibawa dan memiliki rasa kasih sayang yang besar.
  • Hari Senin: karakter dipengaruhi oleh peredaran bulan, sehingga memiliki sifat ikhlas, suka menegakkan kebenaran dan keadilan, serta gaya bicaranya tegas.
  • Hari Selasa, karakter yang lahir di hari ini dipengaruhi oleh peredaran api, sehingga cenderung boros, suka berdusta, cepat bosan dan tidak mudah bergaul.
  • Hari Rabu: karakter dipengaruhi oleh peredaran bumi, sehingga memiliki sifat berani menanggung risiko, baik, lugas dan tegas dalam perkataan dan perbuatan serta berkecukupan.
  • Hari Kamis: karakter mudah dipengaruhi angin dan petir, sehingga gaya bicaranya meledak-ledak, sulit bergaul, mudah tersanjung, temperamental dan gampang diperdaya kata-kata.
  • Hari Jumat: dipengaruhi oleh peredaran bintang, sehingga memiliki sifat dermawan, intelektual tinggi, cinta keluarga, mudah bergaul dan berbudi pekerti halus.
  • Hari Sabtu: karakter dipengaruhi oleh air, sehingga memiliki sifat pekerja keras, memiliki banyak akal untuk bertahan hidup, cekatan namun sulit bergaul.

Cara Menghitung Weton Sebelum Menikah

1. Pegat (hasil penjumlahan 1,9,10,18,19,27,28,36)

Pasangan pegat akan sering dihadapkan pada masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan perceraian atau pegatan. 

2. Ratu (hasil penjumlahan 2,11,20,29)

Ini adalah weton jodoh yang artinya pasangan memang ditakdirkan untuk bersama. Kelak pasangan ini akan dihargai dan disegani oleh lingkungan sekitar. 

3. Jodoh (hasil penjumlahan 3,12,21,39)

Weton ini adalah benar-benar cocok dan berjodoh. Kedua belah pihak akan bisa saling menerima semua kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan berjodoh serta hidup rukun sampai tua. 

4. Topo (hasil penjumlahan 4,13,22,31)

Pasangan topo di awal mengalami kesusahan. Tapi keduanya tetap berusaha untuk saling memahami yang akan mengantarkan mereka pada akhir yang Bahagia. Diramalkan masalah yang akan dihadapi di awal pernikahan adalah masalah ekonomi, namun Ketika sudah memiliki anak serta perjalanan pernikahan yang lama pada akhirnya akan mengantarkan pasangan ini pada hidup pernikahan yang sukses dan Bahagia. 

5. Tinari (hasil penjumlahan 5,1423,32)

Pasangan ini akan menemukan kebahagiaan, diberikan kemudahan dalam mencari rezeki bahkan diramalkan akan selalu diberikan kemudahan dalam menghadapi segala masalah. 

6. Padu (hasil penjumlahan 6,15,24,33)

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, pasangan ini akan sering dihadapkan pada perselisihan. Tapi meskipun sering berselisih pasangan Padu tidak akan sampai bercerai. Adapun perselisihan sering kali dipicu oleh hal-hal yang sepele. 

7. Sujana (hasil penjumlahan 7,16,25,34)

Pasangan ini akan sering dihadapkan pada permasalahan perselingkuhan, bisa dari pihak pria ataupun wanita. 

8. Pesthi (hasil penjumlahan 8,17,26,35)

Dalam kehidupan berumah tangga, pasangan ini akan hidup rukun, tentram, damai dan langgeng hingga tua. meskipun dihadapkan pada masalah tidak akan merusak keharmonisan keduanya dalam membangun rumah tangga. 

Itulah beberapa cara menghitung weton yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper