Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukti Volodymyr Zelensky dan Ukraina Tak Spesial-spesial Amat di KTT NATO

Ada dua bukti yang membuat Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, tak spesial-spesial amat di KTT NATO.
Zelensky tak spesial-spesial amat di KTT NATO
Zelensky tak spesial-spesial amat di KTT NATO

Bisnis.com, SOLO - Ada dua bukti yang membuat Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, tak spesial-spesial amat di KTT NATO.

NATO telah menghelat Konferensi Tingkat Tinggi pada 12 Juli 2023 kemarin dengan menggundang seluruh anggotanya, termasuk Inggris, AS, dna Turki.

Namun pada KTT NATO kemarin, ada yang menarik lantaran di tengah-tengah negara anggota NATO muncul Presiden Ukraina Zelensky.

Sebuah foto pun viral di media sosial lantaran Zelensky ketahuan dicueki oleh perwakilan negara NATO yang hadir dalam forum tersebut.

Zelensky tampak berdiri sendiri di antara kerumunan anggota NATO yang saling berbincang dengan asyik.

Adapun foto itu mengingatkan sikap negara anggota NATO yang selama ini saling berbeda pendapat antara menolak Ukraina menjadi anggota aliansi atau menyetujuinya.

Foto itu juga menjadi salah satu bukti bahwa Zelensky dan Ukraian ternyata tak spesial-spesial amat di mata Eropa.

Bukan hanya satu, Bisnis juga menemukan satu lagi bukti bahwa Zelensky tak spesial di KTT NATO. Bukti tersebut berkaitan dengan pernyataan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg saat membuka forum.

Jens Stoltenberg tercatat hanya 30 detik menyinggung kedatangan Zelensky di KTT NATO kemarin.

Berikut ini adalah transkrip pernyataan Stoltenberg dalam pidatonya di pembuka forum yang tercatat hanya 30 detik-an saja.

Selamat siang lagi, selamat datang semuanya, selamat datang di pertemuan pertama Dewan NATO-Ukraina ini. 

Ini benar-benar momen bersejarah - Sekutu dan Ukraina duduk berdampingan secara setara untuk membahas visi bersama kita tentang keamanan Euro-Atlantik.

Dan saya merasa sangat terhormat untuk menyambut di tengah-tengah kita teman baik kita Volodymyr Zelenskyy, Presiden Ukraina. Selamat datang, Volodymyr, senang Anda ada di sini.

Volodymyr yang terhormat, kami mendukung Anda dalam perjuangan berani Anda untuk kebebasan dan kedaulatan. Kami merasa rendah hati dengan semua pengorbanan yang dilakukan warga Ukraina dalam pertarungan ini, dan kami terinspirasi oleh keberanian Anda.

Kami perlu mempertahankan dan memperluas dukungan kami untuk membantu Ukraina membebaskan tanahnya dan mencegah agresi Rusia di masa depan.

Pada KTT ini, kami telah menegaskan kembali bahwa Ukraina akan menjadi anggota Aliansi dan kami telah membuat keputusan untuk membawa Ukraina lebih dekat ke NATO.

Hari ini kita bertemu secara setara. Dan saya menantikan hari kita bertemu sebagai Sekutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper