Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Bantul, 31 Rumah Rusak dan 1 Warga Meninggal Dunia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat gempa bumi yang terjadi di Bantul telah merusak sejumlah rumah.
Ilustrasi rumah warga yang rusak akibat gempa/BNPB
Ilustrasi rumah warga yang rusak akibat gempa/BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat gempa bumi yang terjadi di Bantul pada Jumat (30/6/2023) telah menimbulkan kerusakan materi dan memakan korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan pihaknya mencatat gempa berkekuatan 6 skala richter (SR) tersebut telah merusak 31 rumah di 12 kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Ada yang luka 1 orang karena berlari takut dan terjatuh, tetapi juga ada yang meninggal dunia 1 karena kaget," ujarnya dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (30/6/2023).

Sementara itu, BPBD DIY mencatat, hingga pukul 22.00 WIB wilayah yang paling terdampak atas bencana gempa bumi tersebut adalah Gunungkidul sebanyak 40 titik.

Danang menambahkan, untuk wilayah Bantul kerusakan tercatat di 9 titik, Kulongprogo 5 titik.

"Rata-rata yang terdampak kerusakan melorotnya atap rumah genting serta retak-retak tembok rumah, meskipun gempa cukup besar untuk saat ini beberapa kerusakan yang terjadi baru sebatas kerusakan atap bangunan yaitu genting yang rontok," ungkapnya.

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Yogyakarta melaporkan rumah warga hingga pondok pesantren terdampak kerusakan akibat gempa bermagnitudo 6 SR yang berpusat di Bantul, Jumat (30/6/2023). 

PMI Yogyakarta tengah melaksanakan asesmen dengan bertolak menuju sisi selatan wilayah Kabupaten Bantul, atau pusat terjadinya gempa. 

"Jumlah kerusakan dan korban jiwa dalam proses pendataan. Giat PMI merespons kejadian tersebut PMI Kabupaten Bantul dan PMI Kabupaten Kulon Progo melakukan asesmen di seputaran wilayah," demikian dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (30/6/2023). 

Berdasarkan laporan PMI, terdapat lima kerusakan yang sudah diketahui. Pertama, Pondok Pesantren Bin Baz Piyungan mengalami kerusakan ringan.

Kedua, saerah Karangtengah, Imogiri di mana sebagian genting rumah warga merosot. Ketiga, daerah Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul di mana dua rumah terdampak tembok roboh.

Keempat, RS Rizki Amalia Lendah keramik tembok mengelupas. Kelima, Jl. Ringroad Timur belakang PO Damri rumah warga sebagian tembok roboh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper