Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Perbarui Laporan Kekuatan Gempa Bantul Menjadi 6 SR

BMKG memperbarui informasi terkait dengan gempa bumi yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi 6 SR
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk dapat beraktivitas normal setelah peringatan dini tsunami dicabut akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,5 di Maluku Barat Daya pada Selasa (10/1/2023). JIBI/Bisnis-Nancy Junita  @infobmkg
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk dapat beraktivitas normal setelah peringatan dini tsunami dicabut akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,5 di Maluku Barat Daya pada Selasa (10/1/2023). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @infobmkg

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbarui informasi terkait dengan gempa bumi yang terjadi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya telah memperbarui kekuatan gempa yang sebelumnya dilaporkan semula 6,6 SR menjadi 6,4 SR. Data terbaru menunjukkan kekuatan gempa lebih rendah dibandingkan dengan informasi awal.

"Gempa tersebut memiliki kekuatan 6 awalnya adalah 6,4 kemudian di update 6,0 magnitudonya, dan kedalaman awalnya 25 km data terupdate 67 km," ujarnya dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (30/6/2023).

Adapun, gempa bumi Bantul terjadi pada pukul 19.57 WIB dengan epicenter 8,63° LS; 110,08° BT.

Dia menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan hiposenternya gempa bumi yang terjadi jenis gempa bumi menengah atau kedalaman menengah," jelasnya.

Lebih lanjut, BMKG melaporkan gempa bumi tersebut guncangannya dapat dirasakan di beberapa wilayah yakni Bantul, Tulungagung, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek dengan skala III MMI atau dapat dirasakan dengan orang yang berada di luar atau di dalam rumah.

Dwikorita memaparkan, wilayah lain yang turut merasakan gempa yakni Karangketes, Klaten, Kediri Kulonprogro, dan Wonogiri dengan intensitas III-IV MMI.

Guncangan gempa dengan intensitas rendah juga dirasakan di wilayah Purbalingga, Purwokerto, Mojokerto, Pacitan, Gresik, Malang, Salatiga, dan Jeparan.

"Intensitas III MMI getaran dirasakan seperti ada truk sedang lewat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper