Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Bantul, Suara Gemuruh Iringi Guncangan di Sekitar Yogya

Suara gemuruh sempat terdengar saat tanah bergerak akibat gempa yang mengguncang Bantul, Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023) malam.
Gempa 6,6 skala richter mengguncang wilayah Bantul, Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023). / BMKG
Gempa 6,6 skala richter mengguncang wilayah Bantul, Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023). / BMKG

Bisnis.com, JAKARTA — Suara gemuruh tanah sempat terdengar saat gempa 6,6 skala richter mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023) malam.

Hal itu disampaikan oleh jurnalis bisnis.com Annasa Rizki Kamalina yang sedang berada di Prawirotaman, Yogyakarta saat gempa terjadi. Guncangan terasa kencang karena posisinya puluhan kilometer dari episentrum gempa.

Annasa merasakan kakinya bergetar, lalu beberapa saat kemudian dia dan orang-orang di sana menyadari bahwa terjadi gempa bumi. Setelah itu, orang-orang mendengar suara gemuruh ketika guncangan semakin kencang.

"Ada suara gemuruh, lampu semua goyang, kaca juga bergetar. Kita semua yang di dalam [ruangan] langsung keluar, tapi untungnya pas keluar aman enggak pada panik," ujar Annasa menjelaskan kondisi di sekitaran Prawirotaman, Jumat (30/6/2023) malam.

Annasa menunjukkan video singkat saat orang-orang di salah satu tempat kuliner beriringan keluar ruangan. Saat itu tampak lampu yang menggantung masih bergoyang, tetapi orang-orang tetap keluar dengan tertib.

Warga berdiam di luar ruangan selama beberapa menit untuk memastikan guncangan selesai dan tidak ada gempa susulan. Setelah itu, menurutnya, aktivitas warga kembali berlanjut tetapi sebagian besar memilih tetap di luar.

Pada sore harinya Annasa berada di sekitaran Bantul, tetapi menjelang malam hari dia sudah kembali ke wilayah pusat kota Yogyakarta. Dia merasa lega karena tidak sedang berada di Bantul saat gempa terjadi.

"Semoga enggak ada gempa susulan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa terjadi gempa berkekuatan 6,6 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023).

Berdasarkan informasi yang dilaporkan BMKG, gempa bumi tersebut berpusat di 86 kilometer (KM) barat daya Bantul, DIY dengan kedalaman 25 km yang terjadi pada pukul 19.57 WIB.

BMKG mencatat, gempa bumi itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami, tetapi masyarakat disarankan untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Guncangan gempa dirasakan hingga ke wilayah Bandung, Jawa Barat dan Malang, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper